Nilai Karakter Pembelajaran Relief Garudeya Di Gua Selomangleng Kota Kediri Tahun 2021
Keywords:
Pembelajaran, Relief Garudeya, Nilai KarakterAbstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik di lingkungan belajar. Dalam penyampaian materi pembelajaran dapat menggunakan media yang ada di luar kelas, misalnya relief, yaitu cerita-cerita yang dipahatkan pada bangunan-bangunan sejarah, salah satunya relief Garudeya. Relief Garudeya di Gua Selomangleng mengandung cerita tentang usaha Garuda dalam membebaskan ibunya (Winata) dari perbudakan saudaranya (Kadru). Dari cerita Garudeya dapat diambil nilai-nilai pembelajaran karakter, yaitu jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui (1) Cerita Relief Garudeya (2) Nilai-nilai karakter dari Relief Garudeya di Gua Selomangleng. Kesimpulan yang dapat diambil adalah cerita Relief Garudeya sangat relavan dalam nilai-nilai pembelajaran karakter, yaitu jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab.
References
Apa itu Pembelajaran ?. 2019. (Online). (https://unida.ac.id/pembelajaran/artikel/apa-itu-pembelajaran.html), Di akses pada 28 Juni 2021.
Eka Y. 2017. Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11: 246.
Garuda, Lambang NKRI, Ada dalam Mitologi Hindu. 2019. (Online). (https://baliexpress.jawapos.com/read/2019/12/30/172436/garuda-lambang-nkri-ada-dalam-mitologi-hindu-ini-kisahnya). Diakses pada 9 Agustus 2021.
Garudeya. 2020. (Online). https://cagarbudayajatim.com/index.php/2020/06/22/garudeya/), Diakses pada 9 Agustus 2021.
Hartono. 2014. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jnana Budaya, 19: 261-263.
Marten B. 2016. Garuda dalam Mitologi Hindu sebagai Ide Penciptaan Karya ETSA. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Syfa. 2017. Analisis Nilai Karakter dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Karawitan di SD Muhammadiyah 08 DAU. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Yuliana K.W.S., Musa P. Makna Simbolik Relief Sudamala dan Garudeya di Candi Sukuh Relevansinya dengan Pengembangan Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS Sejarah. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fitria Kartika Sari, Sigit Widiatmoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.