Nilai Karakter Pembelajaran Relief Garudeya Di Gua Selomangleng Kota Kediri Tahun 2021

Authors

  • Fitria Kartika Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Widiatmoko Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pembelajaran, Relief Garudeya, Nilai Karakter

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik di lingkungan belajar. Dalam penyampaian materi pembelajaran dapat menggunakan media yang ada di luar kelas, misalnya relief, yaitu cerita-cerita yang dipahatkan pada bangunan-bangunan sejarah, salah satunya relief Garudeya. Relief Garudeya di Gua Selomangleng mengandung cerita tentang usaha Garuda dalam membebaskan ibunya (Winata) dari perbudakan saudaranya (Kadru). Dari cerita Garudeya dapat diambil nilai-nilai pembelajaran karakter, yaitu jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui (1) Cerita Relief Garudeya (2) Nilai-nilai karakter dari Relief Garudeya di Gua Selomangleng. Kesimpulan yang dapat diambil adalah cerita Relief Garudeya sangat relavan dalam nilai-nilai pembelajaran karakter, yaitu jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab.

References

Apa itu Pembelajaran ?. 2019. (Online). (https://unida.ac.id/pembelajaran/artikel/apa-itu-pembelajaran.html), Di akses pada 28 Juni 2021.

Eka Y. 2017. Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11: 246.

Garuda, Lambang NKRI, Ada dalam Mitologi Hindu. 2019. (Online). (https://baliexpress.jawapos.com/read/2019/12/30/172436/garuda-lambang-nkri-ada-dalam-mitologi-hindu-ini-kisahnya). Diakses pada 9 Agustus 2021.

Garudeya. 2020. (Online). https://cagarbudayajatim.com/index.php/2020/06/22/garudeya/), Diakses pada 9 Agustus 2021.

Hartono. 2014. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jnana Budaya, 19: 261-263.

Marten B. 2016. Garuda dalam Mitologi Hindu sebagai Ide Penciptaan Karya ETSA. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Syfa. 2017. Analisis Nilai Karakter dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Karawitan di SD Muhammadiyah 08 DAU. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Yuliana K.W.S., Musa P. Makna Simbolik Relief Sudamala dan Garudeya di Candi Sukuh Relevansinya dengan Pengembangan Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS Sejarah. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Sari, F. K. ., & Widiatmoko, S. . (2021). Nilai Karakter Pembelajaran Relief Garudeya Di Gua Selomangleng Kota Kediri Tahun 2021. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 412–420. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1579

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>