Meningkatkan Disiplin Diri Siswa SMK Melalui Media Permainan Stik Prabu Angling Darma

Authors

  • Melinda Dewi Utami Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yuanita Dwi Krisphianti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

disipln diri, media BK, Prabu Angling Darma

Abstract

Disiplin diri merupakan suatu hal yang sangat fundamental yang harus dimiliki setiap siswa. Namun, rendahnya kedisiplinan siswa masih banyak terjadi pada fenomena di lapangan. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang sering membolos, terlambat datang ke sekolah, tidak mengumpulkan tugas, dan lain sebaginya. Dengan demikian, guru BK berperan penting untuk membantu dan memberikan layanan yang tepat kepada siswanya. Media BK merupakan alat informasi yang dapat merangsang siswa untuk mencapai tujuan tertentu dalam layanan bimbingan dan konseling. Media yang dapat dikembangkan, yakni permainan Stik Prabu Angling Darma. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media permainan untuk meningkatkan disiplin siswa SMK melalui nilai luhur Prabu Angling Darma yang disematkan pada soal tantangan dalam permainan tersebut. Teknik penelitian yang akan digunakan nantinya adalah teknik R&D dari Borg Gall. Prabu Angling Darma adalah tokoh ikonik dari Kabupaten Bojonegoro yang dikenal dari legendanya, dengan berkarakter sabar, jujur, amanah, dan kerja keras. Sehingga, diharapkan nantinya guru BK dapat mengunakan media ini secara efektif dalam meningkatkan disiplin diri siswa SMK.

References

Agung, I.M., & Husni, D. Psikologi Pengukuran Konsep Amanah Dalam Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Psikologi. 43: 195, 10.22146/jpsi.11233

Batubara, J. 2015. Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 3: 2, https://doi.org/10.29210/112000

Fiana, F. J., Daharnis., & Ridha, Mursyid. 2013. Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. 2: 27, https://doi.org/10.24036/02013231733-0-00

Gumilang, G. S. 2015. Urgensi Kesadaran Budaya Konselor Dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, dan Konseling. 5: 46, 10.24127/gdn.v5i2.316

Hafiz, S.E., Munddzir, I., Rozi, F., & Pratiwi, L. 2015. Pergeseran Makna Sabar dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris. 1: 33-34,

Herianingrum, S., Hapsari, M.I., & Syahruddin. 2015. Implementasi Nilai-nilai Amanah pada Karyawan Hotel Darussalam Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo. Al Tijarah. 1: 61, http://dx.doi.org/10.21111/tijarah.v1i1.382

Layinnah, I.H. 2018. Pengaruh Pelatihan Sabar Terhadap Penurunan Agresivitas Siswa SMK Palapa Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo

Mardati, A. & Wangid, M.N. 2015. Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia. 3: 123, https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Marzuki, I., Hakim, L. Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Jurnal Pemikiran & Pencerahan. 15: 83, http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370

Mustotip, S., Japar, M., Ms. Zulela. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya : CV. Jakad Publishing

Nawantara, R.D., Arofah, L., & Setyaputri, N.Y. 2019. Penggunaan Panduan Teknik Self Instruction Sebagai Media Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Siswa SMA. Jurnal Nusantara Of Research. 6: 89, https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13609

Nursalim, M. 2013. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Indeks.

Rahman, F. 2018. Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya al-arabiyah. Jurnal Pendidikan bahasa dan Sastra Arab. 4: 88,

Rochmawan, T., & Firmansyah, M.B. 2018. BudayaLisan sebagai “Pembawa Nilai Normatif” Masyarakat Santri :Analisis KontenDidaktik dan Penyusunan CergamLegenda Para Ulama. Seminar potensi sastra lisan diera global

Setiawan, K.E.P. 2019. Nilai Pendidikan Budi Pekerti Dalam Naskah Cerita Rakyat Prabu Angling Darma. Inonesian Journal of social science education. 1: 29-33, http://dx.d,oi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1323.

Sulastri, S., & Alimin, A.A. 2017. Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras Dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa. 6: 156. http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v6i2.619

Sungkowati, Y., Mashuri., & Asmara, A. 2011. Antologi Cerita Rakyat Jawa Timur. Sidoarjo: Balai Bahasa Surabaya

Thalib, M. M., Syahran, R., & Arifyadi, A. 2019. Pemanfaatan Media Grafis dalam Layanan Informasi Dampak Pelanggaran Disiplin untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Counseling. 3: 261-262, https://doi.org/10.30653/001.201933.107

Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT. Grasindo

Wulansari, A. 2019. Representasi Sikap Sabar Dalam Film Athirah (Analisis Semiotika Sikap Sabar pada Tokoh Athirah). Jurnal Komunika. 6,

Wuryandani, W., Miftuh, B., Sapriya., & Budimansyah, D. 2014. Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 33: 288, https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Yuliantika,S. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiksa. 9: 37-38, http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19987

Yusuf, S. L. N., & Nurihsan, A. J. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Utami, M. D. ., & Krisphianti, Y. D. . (2021). Meningkatkan Disiplin Diri Siswa SMK Melalui Media Permainan Stik Prabu Angling Darma. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 610–618. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1607

Issue

Section

Articles