Pengembangan Media Shut The Box “Bumi Joyoboyo” Untuk Meningkatkan Minat Budaya Lokal SMA

Authors

  • Olivvia Antoni Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ikke Yuliani Diah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Atrup

Keywords:

shut the box “bumi joyoboyo”, media bk, minat budaya lokal

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi di Sekolah Menengah
Atas Negeri (SMAN) 1 Kediri menunjukkan bahwa belum memiliki media layanan
BK yang memadai untuk meningkatkan minat budaya lokal pada siswa. Minat
budaya yang mulai luntur dengan adanya pengaruh dari budaya asing yang terus
berkembang di Negara Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui keberterimaan media permainan layanan BK Shut The Box “Bumi
Joyoboyo” di SMAN 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg
and Gall dan diadopsi berdasarkan 8 tahap yaitu (1) identifikasi masalah; (2)
pengumpulan informasi; (3) desain produk, (4) validasi desain; (5) menghasilkan
produk berupa media board game; (6) revisi produk; (7) uji coba produk; (8)
perbaikan desain yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Shut
The Box “Bumi Joyoboyo” untuk meningkatkan minat budaya lokal pada siswa.
Penelitian ini melakukan validasi ahli materi, ahli media, dan ahli guru BK sebagai
hasil penilaian ahli materi didapati hasil sebsar 64% dan dinyatakan dapat
digunakan, setelah revisi besar kemudian untuk penilian ahli media didapati hasil
93% dan dianyatakan sangat baik untuk digunakan dan dinyatakan baik
digunakan, serta untuk penilaian oleh pengguna yaitu guru BK sebesar 100%
dan dianyatakan sangat baik untuk digunakan. Dapat disimpulkan bahwa media
Shut The Box “Bumi Joyoboyo” untuk meningkatkan budaya lokal pada siswa
diterima secara praktis dan teoris sebagai salah satu pengembangan media BK.
Bagi guru BK diharapkan dapat menggunakan media Shut The Box “Bumi
Joyoboyo” pada proses layanan bimbingan dan konseling dan media tersebut
menjadi salah satu media inovasi dalam memberikan layanan bimbingan dan
konseling. Harapan selanjutnya mampu mengembangkan media permainan Shut
The Box “Bumi Joyoboyo” dengan melalui uji efektivitas dengan memperhatikan
kebutuhan yang di perlukan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

References

Abu Ahmadi, 2013. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Agustin, Dyah Satya. (2011). Penurunan Rasa Cinta Budaya Dan

Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi. Jurnal Sosial

Humaniora vol 4

Ahmad Rohani, 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka

Cipta

Ajawaila, J. 2003. Dialog Budaya Wahana Pelestarian dan

Pengembangan Kebudayaaan Bangsa. Jakarta: Badan

Pengembangan Kebudayaan Pariwisata.

Amti, Erman dan Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling

Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas

Ilmu Pendidikan.

Arief S Sadiman, dkk. 2008. Media pendidikan. Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada

Arief S, Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian,

Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran, edisi revisi. Jakarta:

Rajagrafindo Persada.

Basalamah, Anwar Bahar . 2023. Kediri Berbudaya. Kediri : Jawa Pos

https://radarkediri.jawapos.com/catatan-awalpekan/781297531/kediri-berbudaya di akses pada 26 Juni 2023

Brunet, 2009. Teknik Simulasi. (online), (http://www.com, diakses 13

Juli 2023).

Kumolohadi, R & Adrianto, S. 2000. Revolusi Koflik Dalam Perspektif

Psikologi Lintas budaya. Jurnal Psikologika. Vol

Dollarhide, T. Colette and Kelli. A. Saginak. 2008. Comprehensive

School Counseling Programs. New York: Perarson Education,

Inc.

Emzir, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Erford, T. Bradley. 2004. Profersional School Counseling. Austin,

Texas: Pro-Ed. International Publisher.

Fatria, Fita Listari. 2017. Penerapan Pembelajaran Google Drive Dalam

Pembalajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan

Bahasa Indonesia.Volume 2.

Hofstede, G. 1991. Cultures and Organizations: Software of the Mind.

London: McGraw-Hill.

I Kurnia, 2018. Mengungkap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kediri Sebagai

Upaya Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia: Ejournal.Unib

Indraswari, L.(2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus

Anak.tersedia di : ejournal.unp.

ac.id/index.php/paud/article/...1407.pdf. 16 Juli 2024

Ismail, Nawari. 2011. Konflik Umat Beragama dan Budaya Lokal.

Bandung: Lubuk Agung.

Khairunnisa, U. 2018. Pengembangan Permainan Simulasi Kartu Uno

Tentang Eksplorasi Karier (Uji Coba Produk Terbatas Pada Siswa Kelas X AP, SMKN 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018).

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan: Skripsi.

Koentjaraningrat, 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkahlangkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Layanan

BK). Jurnal Pemikiran Islam.

Marcheta, Noorlela, Richard Abdul Kareem, 2023. Efektifitas Game

Edukasi sebagai Media Pembelajaran Kebudayaan

McLoid, Jhon. 2006. Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus (Alih

bahasa oleh A. K. Anwar). Jakarta: Prenada Media Group

Musi, Muhammad Akil, Sadaruddin, Mulyadi. 2017. Implementasi

Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal

Konsep Bilangan Pada Anak. : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Volume I No. 2 : Universitas Negeri Makassar

Narti, Sri. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam

Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta: Pustaka

Belajar

Nasrullah, R. (2014). Pemetaan Budaya Lokal dalam Pembelajran..

Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 15-25.

Nurhasan, Tambat, dkk. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Menurunnya Minat Masyarakat Untuk Menjalankan Adat Budaya

Nyambai Di Desa Kejadian. Jurnal Penelitian Pendidikan :

Universitas Lampung

Nursalim. 2018. Manajemen Belajar dan Pembelajaran. Hikam Media

Utama.

Permainan Tradisional Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Journal on

Education Vol 6 : Politeknik Negeri Jakarta.

Permendiknas. 2006. No.23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi

Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Jakarta: Depdiknas.

Prasetiawan, H., & Alhadi, S. 2018. Pemanfaatan Media Bimbingan dan

Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah seKota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling.

Rahmat, P, S. 2018.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Rezqiana, Alifia Nuralita. 2023. Berapa Harga Tiket Konser

BLACKPINK 2023 di Jakarta? Ini Daftarnya, Termurah Rp 1,3.

Yogyakarta : Tribun News

https://jogja.tribunnews.com/2023/06/12/kondisi-terkini-jennieblackpink-setelah-mendadak-turun-panggung-saat-konser-diaustralia di akses pada 16 Juni 2023

Romlah, Tatik. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang:

Penerbit Universitas Negeri Malang

Sarinastiti, Aisyah Sarinastiti dan Merdiana, Adilla Putri. 2022. Dampak

Cosplay Anime Jepang Terhadap Perubahan Budaya Indonesia

Bagi Remaja. Pekalongan. Prosiding Konferensi Ilmiah

Pendidikan Volume 3 Nomor 2022

Setyawati, Sri Panca, Vivi Ratnawati, Atrup. 2021. Pengabdian Kepada

Masyarakat Penggunaan Media Screencast-O-Matic bagi Guru

Bimbingan Konseling guna Peningkatan Pembelajaran pada

Siswa SMK. Surabaya: Abimanyu Journal Of Community

Engagement

Slameto, 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta

Soekanto, Soejono. 2012 Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT

Raja Grafindo Persada

Soekanto, Soerjono, 2017. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada

Soemardjan, Selo. 1964. Setangkai Bunga Sosial. Jakarta : Yayasan

Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Soewardikoen, Didit Widiatmoko. 2013. Metodologi Penelitian Visual.

Bandung : Dinamika Komunikasi

Subhan, M. 2005. Budaya Daerah Sebagai Media Pendidikan Budaya.

Jurnal Antropologi Indonesia, 79-91.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: PT Alfabet.

Surjadi, 1989, Membuat Siswa Aktif Belajar (65 Cara Belajar Mengajar

Dalam Kelompok), Bandung, Mandar Maju.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sumardjo, J. 2006. Pengantar Antropologi Budaya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sumardjo, J. 2007. Budaya Daerah dan Pendidikan Karakter. Jurnal

Pendidikan Karakter, 1(2), 1-14.saf

Surayya, Ely. 2012. Pengaruh Media dalam Proses Pembeljaran. Jurnal

AtTa’lim 3.

Sutoro. 2020. Seni Budaya dan Ritual Asli Kediri yang Masih

Dilestarikan : Fakta.com https://fakta.co.id/seni-budaya/budayadan-ritual-asli-kediri/ di akses pada 16 Juni 2023

Tohirin, 2007, Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta:

Raja. Grafindo Persada.

Ugwin, 2022. Cara Memainkan Variasi Bermain Shut The Box dalam

Permainan Dadu. https://www.are.na/block/16911611 diakses

pada 11 Juli 2023

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan.

Jakarta: UPT Unnes Press.

Yuwono, Cahyo, dkk. 2021. Rumah Basudewo sebagai Inovasi

Peningkatan Minat Baca dan Kepekaan Budaya Lokal

dikalangan Anak-Anak. Semarang: Jurnal Panjar Vol 3, No2

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Olivvia Antoni, Ikke Yuliani Diah, & Atrup. (2024). Pengembangan Media Shut The Box “Bumi Joyoboyo” Untuk Meningkatkan Minat Budaya Lokal SMA. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 7, 723–751. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/5262

Issue

Section

Articles