Pengembangan Media Shut The Box “Bumi Joyoboyo” Untuk Meningkatkan Minat Budaya Lokal SMA
Keywords:
shut the box “bumi joyoboyo”, media bk, minat budaya lokalAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi di Sekolah Menengah
Atas Negeri (SMAN) 1 Kediri menunjukkan bahwa belum memiliki media layanan
BK yang memadai untuk meningkatkan minat budaya lokal pada siswa. Minat
budaya yang mulai luntur dengan adanya pengaruh dari budaya asing yang terus
berkembang di Negara Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui keberterimaan media permainan layanan BK Shut The Box “Bumi
Joyoboyo” di SMAN 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg
and Gall dan diadopsi berdasarkan 8 tahap yaitu (1) identifikasi masalah; (2)
pengumpulan informasi; (3) desain produk, (4) validasi desain; (5) menghasilkan
produk berupa media board game; (6) revisi produk; (7) uji coba produk; (8)
perbaikan desain yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Shut
The Box “Bumi Joyoboyo” untuk meningkatkan minat budaya lokal pada siswa.
Penelitian ini melakukan validasi ahli materi, ahli media, dan ahli guru BK sebagai
hasil penilaian ahli materi didapati hasil sebsar 64% dan dinyatakan dapat
digunakan, setelah revisi besar kemudian untuk penilian ahli media didapati hasil
93% dan dianyatakan sangat baik untuk digunakan dan dinyatakan baik
digunakan, serta untuk penilaian oleh pengguna yaitu guru BK sebesar 100%
dan dianyatakan sangat baik untuk digunakan. Dapat disimpulkan bahwa media
Shut The Box “Bumi Joyoboyo” untuk meningkatkan budaya lokal pada siswa
diterima secara praktis dan teoris sebagai salah satu pengembangan media BK.
Bagi guru BK diharapkan dapat menggunakan media Shut The Box “Bumi
Joyoboyo” pada proses layanan bimbingan dan konseling dan media tersebut
menjadi salah satu media inovasi dalam memberikan layanan bimbingan dan
konseling. Harapan selanjutnya mampu mengembangkan media permainan Shut
The Box “Bumi Joyoboyo” dengan melalui uji efektivitas dengan memperhatikan
kebutuhan yang di perlukan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.
References
Abu Ahmadi, 2013. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Agustin, Dyah Satya. (2011). Penurunan Rasa Cinta Budaya Dan
Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi. Jurnal Sosial
Humaniora vol 4
Ahmad Rohani, 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka
Cipta
Ajawaila, J. 2003. Dialog Budaya Wahana Pelestarian dan
Pengembangan Kebudayaaan Bangsa. Jakarta: Badan
Pengembangan Kebudayaan Pariwisata.
Amti, Erman dan Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling
Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas
Ilmu Pendidikan.
Arief S Sadiman, dkk. 2008. Media pendidikan. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada
Arief S, Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian,
Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran, edisi revisi. Jakarta:
Rajagrafindo Persada.
Basalamah, Anwar Bahar . 2023. Kediri Berbudaya. Kediri : Jawa Pos
https://radarkediri.jawapos.com/catatan-awalpekan/781297531/kediri-berbudaya di akses pada 26 Juni 2023
Brunet, 2009. Teknik Simulasi. (online), (http://www.com, diakses 13
Juli 2023).
Kumolohadi, R & Adrianto, S. 2000. Revolusi Koflik Dalam Perspektif
Psikologi Lintas budaya. Jurnal Psikologika. Vol
Dollarhide, T. Colette and Kelli. A. Saginak. 2008. Comprehensive
School Counseling Programs. New York: Perarson Education,
Inc.
Emzir, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Erford, T. Bradley. 2004. Profersional School Counseling. Austin,
Texas: Pro-Ed. International Publisher.
Fatria, Fita Listari. 2017. Penerapan Pembelajaran Google Drive Dalam
Pembalajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan
Bahasa Indonesia.Volume 2.
Hofstede, G. 1991. Cultures and Organizations: Software of the Mind.
London: McGraw-Hill.
I Kurnia, 2018. Mengungkap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kediri Sebagai
Upaya Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia: Ejournal.Unib
Indraswari, L.(2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus
Anak.tersedia di : ejournal.unp.
ac.id/index.php/paud/article/...1407.pdf. 16 Juli 2024
Ismail, Nawari. 2011. Konflik Umat Beragama dan Budaya Lokal.
Bandung: Lubuk Agung.
Khairunnisa, U. 2018. Pengembangan Permainan Simulasi Kartu Uno
Tentang Eksplorasi Karier (Uji Coba Produk Terbatas Pada Siswa Kelas X AP, SMKN 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018).
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan: Skripsi.
Koentjaraningrat, 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkahlangkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Layanan
BK). Jurnal Pemikiran Islam.
Marcheta, Noorlela, Richard Abdul Kareem, 2023. Efektifitas Game
Edukasi sebagai Media Pembelajaran Kebudayaan
McLoid, Jhon. 2006. Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus (Alih
bahasa oleh A. K. Anwar). Jakarta: Prenada Media Group
Musi, Muhammad Akil, Sadaruddin, Mulyadi. 2017. Implementasi
Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal
Konsep Bilangan Pada Anak. : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Volume I No. 2 : Universitas Negeri Makassar
Narti, Sri. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam
Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta: Pustaka
Belajar
Nasrullah, R. (2014). Pemetaan Budaya Lokal dalam Pembelajran..
Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 15-25.
Nurhasan, Tambat, dkk. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Menurunnya Minat Masyarakat Untuk Menjalankan Adat Budaya
Nyambai Di Desa Kejadian. Jurnal Penelitian Pendidikan :
Universitas Lampung
Nursalim. 2018. Manajemen Belajar dan Pembelajaran. Hikam Media
Utama.
Permainan Tradisional Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Journal on
Education Vol 6 : Politeknik Negeri Jakarta.
Permendiknas. 2006. No.23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi
Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Jakarta: Depdiknas.
Prasetiawan, H., & Alhadi, S. 2018. Pemanfaatan Media Bimbingan dan
Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah seKota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling.
Rahmat, P, S. 2018.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Rezqiana, Alifia Nuralita. 2023. Berapa Harga Tiket Konser
BLACKPINK 2023 di Jakarta? Ini Daftarnya, Termurah Rp 1,3.
Yogyakarta : Tribun News
https://jogja.tribunnews.com/2023/06/12/kondisi-terkini-jennieblackpink-setelah-mendadak-turun-panggung-saat-konser-diaustralia di akses pada 16 Juni 2023
Romlah, Tatik. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang:
Penerbit Universitas Negeri Malang
Sarinastiti, Aisyah Sarinastiti dan Merdiana, Adilla Putri. 2022. Dampak
Cosplay Anime Jepang Terhadap Perubahan Budaya Indonesia
Bagi Remaja. Pekalongan. Prosiding Konferensi Ilmiah
Pendidikan Volume 3 Nomor 2022
Setyawati, Sri Panca, Vivi Ratnawati, Atrup. 2021. Pengabdian Kepada
Masyarakat Penggunaan Media Screencast-O-Matic bagi Guru
Bimbingan Konseling guna Peningkatan Pembelajaran pada
Siswa SMK. Surabaya: Abimanyu Journal Of Community
Engagement
Slameto, 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta: Rineka Cipta
Soekanto, Soejono. 2012 Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT
Raja Grafindo Persada
Soekanto, Soerjono, 2017. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada
Soemardjan, Selo. 1964. Setangkai Bunga Sosial. Jakarta : Yayasan
Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Soewardikoen, Didit Widiatmoko. 2013. Metodologi Penelitian Visual.
Bandung : Dinamika Komunikasi
Subhan, M. 2005. Budaya Daerah Sebagai Media Pendidikan Budaya.
Jurnal Antropologi Indonesia, 79-91.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: PT Alfabet.
Surjadi, 1989, Membuat Siswa Aktif Belajar (65 Cara Belajar Mengajar
Dalam Kelompok), Bandung, Mandar Maju.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sumardjo, J. 2006. Pengantar Antropologi Budaya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sumardjo, J. 2007. Budaya Daerah dan Pendidikan Karakter. Jurnal
Pendidikan Karakter, 1(2), 1-14.saf
Surayya, Ely. 2012. Pengaruh Media dalam Proses Pembeljaran. Jurnal
AtTa’lim 3.
Sutoro. 2020. Seni Budaya dan Ritual Asli Kediri yang Masih
Dilestarikan : Fakta.com https://fakta.co.id/seni-budaya/budayadan-ritual-asli-kediri/ di akses pada 16 Juni 2023
Tohirin, 2007, Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta:
Raja. Grafindo Persada.
Ugwin, 2022. Cara Memainkan Variasi Bermain Shut The Box dalam
Permainan Dadu. https://www.are.na/block/16911611 diakses
pada 11 Juli 2023
Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan.
Jakarta: UPT Unnes Press.
Yuwono, Cahyo, dkk. 2021. Rumah Basudewo sebagai Inovasi
Peningkatan Minat Baca dan Kepekaan Budaya Lokal
dikalangan Anak-Anak. Semarang: Jurnal Panjar Vol 3, No2