Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Metamorfosis
Keywords:
Multimedia interaktif, MetamorfosisAbstract
Kurangnya variasi dan metode pembelajaran merupakan salah satu faktor penghambat kesulitan belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara guru kelas IV SDN Mrican 1 ditemukan masih kurangnya variasi dan metode pembelajaran pada materi metamorfosis kelas empat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang menurun pada materi metamorfosis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi metamorfosis. Penelitian ini menggunakan pendekatan desain pengembangan 4-D yang mempunyai empat tahapan utama yaitu: Define (pendifinisian), Design (tahap perancangan), Develop (tahap pengembangan), dan Disseminate. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan media 97,5% (sangat valid), Validasi materi 89,4% (sangat valid), Validasi soal 87,5% (sangat valid), Validasi kepraktisan guru 100% (sangat praktis), dan Uji coba respon siswa 83,9% (sangat efektif). Dapat disimpulkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi metamorfosis sangat efektif digunakan untuk menunjang pembelajaran di SDN Mrican 1.
References
Astuti, Yuvita. 2012. Pengembangan Bahan ajar fisika SMA dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 2 Balikpapan.http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/ article/view/22988. Dikutip tanggal 27 Mei 2020.
Akhmad Sudrajat. 2008. Pembelajaran tematik. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/13/pembelajaran-tematik-di-kelas-awal-sekolah-dasar/. Online. Dikutip tanggal 27 Mei 2020.
Bahan ajar pendidikan. 2016. Pengertian Bahan Ajar Serta Jenis-Jenis Bahan Ajar Menurut Para Ahli. http://bahanajarpendidikan.blogspot.com/ 2016/07/pengertian-bahan-ajar-serta-jenis-jenis.html?m=1. Online. Dikutip tanggal 29 Mei 2020.
Erwin, Desy. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. https://s.docworkspace.com/d/ AFYx-QHfhqkq4v6krYinFA. Dikutip tanggal 29 Mei 2020.
Fajar, Rudi. 2017. Pengembangan Lembaran Kegiatan Peserta Didik Dengan Model Pengembangan 4-D Pada Materi Mitigasi Bencana Dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA. https://s.docworkspace.com/d/ADYSfZzfhqkq 4sraw4unFA. Dikutip tanggal 14 Juni 2020.
Julianty. 2017. Peranan Pengelolaan Kelas Dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Dan Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Diklat. www.e-jurnal.com/2017/05/peranan-pengelolaan-kelas-dalam.html?m=1. Dikutip tanggal 27 Mei 2020.
NF Fauziyah. 2016. Bab II. https://drive.google.com/file/d/11DSaJhMs9-m7210sN-31hS/view?usp=drivesdk. Dikutip tanggal 27 Mei 2020.
M.Miftah dalam buku McKown (2013). Audio Visual Aids To Instruction. https://scholar?q=jurnal+m.+miftah&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&u=%23p%3Dug4rP7hHynoJ. Dikutip 18 Juni 2021.
Oemar Hamalik, 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Resti Cahyaningrum. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VII di SMP Islam Al Azhara Tulungagung. https://s.docworkspace.com/d/AH8WIxDfhqkq4uylw46nFA. Dikutip tanggal 24 Mei 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Agil muamar Qathafi, Farida Nurlaila Zunaidah, Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.