Peran Organisasi PGRI dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Irma Erpiyana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Monicha Shinta Mahardika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Setya Ayu Surya W Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Peran PGRI, Kualitas pendidikan

Abstract

Organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) merupakan suatu wadah tempat berhimpunnya para guru-guru dan tenaga kependidikan. Organisasi ini diharapkan dapat menjadi sarana perjuangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan jaringannya yang begitu luas dan banyak, menjadikan organisasi PGRI mengakar di Indonesia. Masalah tenaga pendidikan di Indonesia selama ini antara lain adalah rendahnya kemandirian guru dalam melaksanakan profesinya yang berakibat rendahnya mutu pendidikan. Kualitas pendidikan di Indonesia menurun dan hal itu dapat dibuktikan dengan adanya berbagai problematika yang muncul seperti masalah kurikulum, kualitas, kompetensi pendidik, bahkan kompetensi kepemimpinan baik itu dijajaran tingkat atas maupun tingkat bawah. Hal ini yang masih menjadi PR Organisasi PGRI. Adanya kompetensi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka yang rutin, praktikum lapangan dan kemampuan komunikasi dengan siswa sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa menjadikan komunikasi antara pengajar dan pelajar efektif. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perlu diupayakan peningkatan kualifikasi, kompetensi, serta kesejahteraan guru. Sehingga dengan adanya peran PGRI ini di harapkan mampu memperjuangkan kesejahteraan guru, dan dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia.

References

Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mukhtar, M. A. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam peningkatan mutu guru di Indonesia (Master's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Musaheri. 2007. Ke-PGRI an. Jogjakarta : Diva press

Musaheri. 2009. Ke-PGRI an. Jogjakarta : New elmatera(anggota IKP)

Musaheri. 2011. Ke-PGRI an. Jogjakarta : New elmatera(anggota IKP)

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sanusi. (2007). Fakta, Kebijakan, Ilmu, Filsafah Pendidikan. Bahan Perkuliahan.

Sukmadinata, N. S. (2006). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Cetakan ke-8.

Yuniastutik, L. (2013). Implementasi Kebijakan Organisasi PGRI Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan, 1(1), 30-36.

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

Erpiyana, I. ., Shinta Mahardika, M. ., & Surya W, S. A. . (2022). Peran Organisasi PGRI dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1081–1087. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2429

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)