Mengungkap Profil Guru dalam Meningkatkan Profesional Berkelanjutan

Authors

  • Silvi Fitria Kumalasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurul Puspita Dewi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mirfaul Hasanah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Monicha Shinta Mahardika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hana Agustina Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Irma Erpiyana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mumun Nurmilawati Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Profil, Profesi Berkelanjutan

Abstract

Pendidik (guru) adalah sebuah jabatan profesional yang memiliki visi, misi, dan aksi yang khusus sebagai pemeran utama dalam pengembangan manusia sebagai sumber daya. Kompetensi yang harus dimiliki guru untuk mendapatkan sertifikat pendidk adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru dalam meningkatkan profesinya secara berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey dengan instrumen penelitian berupa angket yang terdiri atas 3 aspek yaitu pengembangan diri, karya inovasi dan publikasi ilmiah. Data dianalisis dengan menggunakan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatan profesi guru berkelanjutan dalam aspek pengembangan diri 100% guru telah melakukan, aspek karya inovasi dalam penggunaan media 92,86% sedangkan dalam penggunaan model pembelajaran bervariasi sebesar 78,57% dan publikasi ilmiah 92,86%.

References

Afandi, M. (2015). KOMPETENSI GURU SEBAGAI KUNCI KEBERHASILAN DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK. Purwokerto.

Ana-Maria Petrescu, M. N. (2015). Innovative Aspects of the PROFILES Professional Development ssProgramme Dedicated to Science Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences 19, 1355 – 1360 .

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

asesmen kemampuan pemecahan masalah. Prosiding Seminar Nasional VI Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Malang. 6 November 2021. Malang: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Malang.

Kementerian Agama Kabupaten Magelang. (15 Feb 2022). “Guru, Jangan Lelah Upgrade Kompetensi”.(https://jateng.kemenag.go.id/2022/02/guru-jangan-lelah-upgrade-kompetensi/ ). Diakses pada 23 Juni 2022.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurmilawati, dkk. (2021). Profil guru biologi SMA Kota Kediri dalam menyusun

Nurmilawati, dkk. (2022). Uncovering the Profile of the Influence of Problem-Solving Skill Dimensions on Concept Understanding Through Inquiry Learning. WEBOLOGY JOURNAL. Volume 19, No . 2, 2022. https://www.webology.org/issue.php?volume=19&issue=53&page=17

Permen PAN & RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya [JDIH BPK RI]

Rahmat, A. (2008). Membangun Mutu Guru Indonesia Melalui sertifikasi. Padang.

Siswanto, H., (2018). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI KEBIJAKAN SERTIFIKASI. Lamongan. Madinah: Jurnal Studi Islam, Volume 5 Nomor 2 Desember 2018. Sukanti. (2014). Pengembangan Profesi Guru Secara Berkelanjutan. Universitas Negeri Yogyakarta. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/sukanti-dra-mpd/pengembangan-keprofesian-berkelanjutan.pdf

Sukanto. (2008). PENGEMBANGAN PROFESI GURU SECARA BERKELANJUTAN.

Sumardjoko, B. (2018). MODEL PENGEMBANGAN PROFESI GURU BERBASIS KONSTRUKTIVIS-KOLABORATIF. Jawa Tengah: Sukoharjo.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Universitas Medan Area. (24 November 2021). Pengertian Media Pembelajaran, Contoh dan Manfaatnya Untuk Sekolah. (https://barki.uma.ac.id/2021/11/24/pengertian-media-pembelajaran-contoh-dan-manfaatnya-untuk-sekolah/). (Diakses pada 28 Juni 2022)

Zainal, A., & Elham, R. (2007). Pengembangan Profesi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulfitri, et al. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Sumatera selatang: Palembang. LINGUA, JURNAL BAHASA DAN SASTRA, VOLUME 19, NOMOR 2, JUNI 2019.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Fitria Kumalasari, S. ., Puspita Dewi, N. ., Hasanah, M. ., Shinta Mahardika, M. ., Agustina, H. ., Erpiyana, I. ., & Nurmilawati, M. . (2022). Mengungkap Profil Guru dalam Meningkatkan Profesional Berkelanjutan. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 658–665. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1972

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)