Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Berbasis Lesson Study

Authors

  • Mumun Nurmilawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sulistiono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ida Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Diskusi kelompok, Keterampilan argumentasi, Lesson Study

Abstract

Argumentasi merukan kemampuan dalam menyatakan pendapat melalui analisis berpikir kritis. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk seberapa besar meningkatnya keterampilan argumentasi mahasiswa. Alat yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan argumentasi yang terdiri adari 3 aspek . Teknik analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian terdapat  peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I aspek penggunaan data untuk mendukung argumentasi memiliki kategori cukup, kurang dan sangat kurang (72,73%, 18,18% dan 9,09%). Pada siklus 2 meningkat dengan kategori baik dan cukup (27,72% dan 72,73%). Untuk aspek logika berpikir yang digunakan dalam argumentasi pada siklus 1 terdiri dari kategori cukup dan kurang (72,73% dan 27,72%), pada siklus 2 meningkat menjadi baik dan cukup dengan persentase 9,09% dan 90,91%. Aspek yang ketiga adalah sistematika yang digunakan dalam argumentasi pada siklus 1 menunjukkan kategori cukup dan kurang (72,73% dan 27,27%), sedangkan siklus 2 menunjukkan kategori baik dan cukup dengan persentase 63,64% dan 36,36%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok berbasis Lesson Study berdampak pada peningkatan keterampilan argumentasi.

References

Ermi, Netti. 2015. Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Sorot. Vol 10. No. 2.h. 155-168

Farida Ch, Ida dan Gusniarti F, Widia. 2014. Profil Keterampilan Argumentasi Siswa pada Konsep Koloid yang Dikembangkan Melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. Edusains. Vol. VI. No.01. h. 32-41

Ginanjar W, Sukma., Utari. S., Muslim. 2015. Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran IPA. Vol. 20. No. 1. H. 32-37

Hadija., Kapile, CH., Juraid. 2014. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS di SDN No. 2 tamarenja Kecamatan Sindue Tobata. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4. No. 8

Hakyolu, Hanife., Ogan-Bekiroglu, Feral. 2011. Assesment of Students’ Science Knowledge Levels and Their Involvement with Argumentation. International Journal for Cross-Disiplinary Subjects ineducation (IJCDSE). Vol. 2. Issue 1.

Karisan, Dilek. 2015. Exploration of Preservice Science Teachers’ Written Argumentation Skills in A Laboratory Course: A Toulmin-Based Analyseis. INESJOURNAL. Vol. 2. No. 5. H 247-261

Kuhn &Udell. 2007. Coordinating own and Other Perspectives in Argument. Thinking& Reasoning. 13 (2). H. 90-104

Nurmilawati, M., Rahmawati, I., Sulistiono. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Matakuliah SPT Melalui metode Diskusi Kelompok Berbasis Lesson Study. Prosiding Seminar Nasional oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2019. Kediri: FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Subroto, S. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. PT Ardi Mahatya, Jakarta

Sueni dan Dewi. 2016. Penerapan Metode Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VII I Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 tabanan tahun Pelajaran 2014/2015, Jurnal Santiaji Pendidikan. Vol. 6. No. 2

Sumarni., Harun H, Abduh., Imran. 2014. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah dasar Kecil Toraranga Pada mata Pelajaran PKn pokok bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Propinsi. Jurnal Kreatif Tadulako.Vol. 3. No. 4

Tim Dit. PSMP. 2019. Materi Finalisasi Orientasi Program Pendampingan Sekolah Bermutu Berbasis Zonasi Melalui Lesson Study For

Learning Community. Yogyakarta.

Toulmin. 2003. The Uses of Argument.Cambridge University Press: New York.

Wulan, A.R. 2018. Menggunakan Asesmen Kinerja Untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian.UPI Press: Bandung

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Nurmilawati, M. ., Sulistiono, S., & Rahmawati, I. . (2021). Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Berbasis Lesson Study. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 156–162. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1500

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)