Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X Ma Hasan Muchyi Pagu Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Juwita Eka Permatasari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andri Pitoyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Waryanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Keterampilan menulis, teks puisi, outdoor study

Abstract

This research is based on the results of the researcher's observations and experience, that learning Indonesian at Madrasah Aliyah Hasan Muchyi Pagu in learning to write poetry texts requires attention because there are still many students who find it difficult to write poetry texts. The aim of this research is to determine the effect of the outdoor study method on the poetry text writing skills of class X MA Hasan Muchyi Pagu students. This research uses a descriptive quantitative approach, this type of research includes experimental research with a research population of 86 class X students at MA Hasan Muchyi Pagu. Sample selection used the Simple Random Sampling technique. This sampling technique was written with the consideration that the research population class is not uniform. This research uses descriptive statistical analysis techniques and inferential statistics with t-test using the SPSS version 26.0 for Windows program. Based on the research results, it can be concluded that the experiment using the outdoor study method was declared successful, because it experienced an increase in students' scores in writing poetry texts, namely the students' initial score was 66.67 and the final score was 86.94.

References

Aminuddin. 2011. Semantik Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Agensindo.

Ardiansyah, D., Pd, H. M., & Suryana, Y. 2018. Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci di Kelas 5 SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Barlia, Lily. 2006. Mengajar dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar. Jakarta: Depdiknas.

Cintami, Mukminan. 2018. Efektivitas Outdoor Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografis Berdasarkan Locus Of Control di Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djojosuroto, Kinanti. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa

Djojosuroto, Kinayati. 2015. Aliran-aliran sastra dalam perspektif teori sastra. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumamo. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Dapertemen Pendidikan Nasional.

Endraswara, S. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang.

Fadhillah, D. 2019. Pengaruh Metode Tebak Kata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Taman Cibodas Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing.

Harianto, T. B, Harjono, S. H. 2018. Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi dan Keativitas Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IX SMP. Diksabra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Husamah. 2013. Pembelajaran luar kelas outdoor learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Kasnadi, S. 2009. Menulis Kreatif kiat Cepat Menulis Puisi & Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Felicha

Merryanty, I. R, Nuraeni, S, Nugraha, V. 2019. Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Ouydoor Study Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Katapang. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sayuti, Suminto. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Sejati, E.A, Sumarmi, Ruja, N. I. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Kemampuan Menulis Ilmiah Geografis SMA. Jurnal Pendidikan

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Indonesia: ALFABET

Tarigan, H. G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Vera, A. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: DIVA Press

Verlina, V, Sartika, R, Satini, R. 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran di Lura Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Solok. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran.

Waluyo, Herman J, 2003.Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wardani, H. 2017. Penerapan Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didikan Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 10 Bandar Lampung. Skripsi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Idtidaiyah Lampung: tidak diterbitkan

Wardoyo, Sigit. 2013. Teknik menulis puisi. Jakarta: Graha Ilmu

Wulandari, L, Mayaningrum N. S, Lestari, D. R. 2019. Pengaruh Metode Picture And Picture dalam Minat Belajar Menulis Teks Puisi pada Siswa SMA. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Juwita Eka Permatasari, Andri Pitoyo, & Endang Waryanti. (2024). Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X Ma Hasan Muchyi Pagu Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 7, 355–361. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/5207

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)