Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Film Pendek) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pribadi Siswa Kelas XII SMAN 7 KEDIRI Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Siti Naimatul Muazah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Muarifin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Marista Dwi Rahmayantis Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Media audio visual, film pendek, keterampilan menulis teks cerita sejarah pribadi

Abstract

This research is based on the results of the researcher's observations and experience, that learning Indonesian in high school in learning to write personal history story texts requires attention because there are still many students who find it difficult to write personal history story texts. The aim of this research is to experiment with audio visual media (short films) on the personal history story text writing skills of class XII students at SMAN 7 Kediri. This research uses a descriptive quantitative approach, this type of research includes experimental research with a research population of 398 class XII students at SMA Negeri 7 Kediri. Sample selection used purposive sampling technique. This sampling technique was written with the consideration that the research population class is not uniform. This research uses descriptive statistical analysis techniques and inferential statistics with t-test using the SPSS version 26.0 for Windows program. Based on the research results, it can be concluded that the experiment in using audio-visual media (short films) was declared successful, because there was an increase in students' scores in writing personal history story texts, namely the students' initial score was 65.88 and the final score was 81.57.

References

Agata, E. dkk. 2021. Perancangan Media Audio Visual Untuk Pengabdian Tanpa Batas. Inosains, 8(1), 12–13.

Dahlan, A. J. K., Rafli, Z., & Gomo Attas, S. 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan

Kolaborasi (Penelitian Tindakan di Program Studi PBSI STKIP

Muhammadiyah Bogor). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. 32–39.

Aiza, A. P. R. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Ilustrasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi dalam Pembelajaran Daring untuk Siswa Kelas X SMKN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022.

Skripsi.PBSI.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Alawiyah Susi. 2021. Model Pembelajaran Theknik Talk Write dan Menulis Karangan Narasi Pada Era Dirupsi. Inovasi Penelitian, 1(8), 1691–1700.

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta

Aulia, N., Nasrah, S., & Safriandi. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Ulang Biografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Jurnal Kande, Vol. 2 No., 267–276.

https://ojs.unimal.ac.id/kande/article/view/5472

Dasar, J. P. 2021. Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan

Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 22–33.

Faujiah, N., Septiani. A.N, Putri, T., & Setiawan, U. 2022. Kelebihan dan

Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran. Jurnal Telekomunikasi,

Kendala Dan Listrik, 3(2), 81–87.

Gamal, T. 2021. Evaluasi Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis,

dsb: Jurnal Pendidikan.

Gemilang, D., & Listiana, H. 2020. Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/ Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 1(1), 49–64. https://doi.org/10.22515/athla.v1i1.3048

Hidayat, S. 2022. Pendidikan Berbasiskan Media dan Modul. Jurnal

Kependidikan, 9(1), 181–218. http://ejournal.stain.sorong.ac.id/indeks.php/al-riwayah

Helaluddin & Awalludin. 2020. Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi (Vol. 42171, Issue Agustus).

https://www.researchgate.net/profile/Helaluddin-Helaluddin/publication/344235495_BOOK-KETERAMPILAN_MENULIS_AKADEMIK/links/5f5f17ae299bf1d43c01d285/BOOK-KETERAMPILAN-MENULIS-AKADEMIK.pdf

Junaidi, J. 2020. Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review :Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kartika, R. 2020. Pengaruh Model Problem Centered Learning terhadap

Kemampuan Menulis Puisi Kelas X SMK PAB 3 Medan Eetate. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 60–67.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018

Khalid, I. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas Xi Man 3 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 6(2), 1–13.

https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.253

Maryanto dkk. 2015. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Miftah, M. 2020. Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95.

https://doi.org/10.31800/jtpk.v1n2.p95--105

Murahmanita, M., Nasrah, S., & Trisfayani, T. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas Xi Smks Ulumuddin Lhokseumawe. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 109. https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3407

Nur, FZ (2020). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi dalam Pembelajaran. Laplace: Jurnal Pendidikan, 3(1), 555-570.

Pramesti, D. A., Wardani, N. E., & Ulya, C. 2020. Pembelajaran Teks Eksplanasi Berdasarkan Kurikulum 2013 Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Surakarta.

Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 381.

https://doi.org/10.20961/basastra.v8i2.44691

Putu, S., & Kadek, H. P. 2020. Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100.

Rahman, A. 2022. Peran Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.7(1), 85–97.

https://doi.org/10.55115/widyacarya , v4i2.796

Sri Wardani, F. D., Yelly, P., & Wahyuni, S. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis

Cerpen Pada Siswa Kelas Xi Mia Sma Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2021/2022. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 177–186. https://doi.org/10.37755/sjip.v5i2.235

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Sarjani, T. m., Marjanah, S. D. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Biologi Di SMA Negeri Sekota Langsa Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Jurnal Jeumpa, 4(2), 14.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Siti Naimatul Muazah, Moch. Muarifin, & Marista Dwi Rahmayantis. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Film Pendek) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pribadi Siswa Kelas XII SMAN 7 KEDIRI Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 7, 1358–1365. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/5345

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)