Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Berbasis Lesson Study
Keywords:
Diskusi kelompok, Keterampilan argumentasi, Lesson StudyAbstract
Argumentasi merukan kemampuan dalam menyatakan pendapat melalui analisis berpikir kritis. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk seberapa besar meningkatnya keterampilan argumentasi mahasiswa. Alat yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan argumentasi yang terdiri adari 3 aspek . Teknik analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I aspek penggunaan data untuk mendukung argumentasi memiliki kategori cukup, kurang dan sangat kurang (72,73%, 18,18% dan 9,09%). Pada siklus 2 meningkat dengan kategori baik dan cukup (27,72% dan 72,73%). Untuk aspek logika berpikir yang digunakan dalam argumentasi pada siklus 1 terdiri dari kategori cukup dan kurang (72,73% dan 27,72%), pada siklus 2 meningkat menjadi baik dan cukup dengan persentase 9,09% dan 90,91%. Aspek yang ketiga adalah sistematika yang digunakan dalam argumentasi pada siklus 1 menunjukkan kategori cukup dan kurang (72,73% dan 27,27%), sedangkan siklus 2 menunjukkan kategori baik dan cukup dengan persentase 63,64% dan 36,36%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok berbasis Lesson Study berdampak pada peningkatan keterampilan argumentasi.
References
Ermi, Netti. 2015. Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Sorot. Vol 10. No. 2.h. 155-168
Farida Ch, Ida dan Gusniarti F, Widia. 2014. Profil Keterampilan Argumentasi Siswa pada Konsep Koloid yang Dikembangkan Melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. Edusains. Vol. VI. No.01. h. 32-41
Ginanjar W, Sukma., Utari. S., Muslim. 2015. Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran IPA. Vol. 20. No. 1. H. 32-37
Hadija., Kapile, CH., Juraid. 2014. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS di SDN No. 2 tamarenja Kecamatan Sindue Tobata. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4. No. 8
Hakyolu, Hanife., Ogan-Bekiroglu, Feral. 2011. Assesment of Students’ Science Knowledge Levels and Their Involvement with Argumentation. International Journal for Cross-Disiplinary Subjects ineducation (IJCDSE). Vol. 2. Issue 1.
Karisan, Dilek. 2015. Exploration of Preservice Science Teachers’ Written Argumentation Skills in A Laboratory Course: A Toulmin-Based Analyseis. INESJOURNAL. Vol. 2. No. 5. H 247-261
Kuhn &Udell. 2007. Coordinating own and Other Perspectives in Argument. Thinking& Reasoning. 13 (2). H. 90-104
Nurmilawati, M., Rahmawati, I., Sulistiono. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Matakuliah SPT Melalui metode Diskusi Kelompok Berbasis Lesson Study. Prosiding Seminar Nasional oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2019. Kediri: FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Subroto, S. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. PT Ardi Mahatya, Jakarta
Sueni dan Dewi. 2016. Penerapan Metode Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VII I Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 tabanan tahun Pelajaran 2014/2015, Jurnal Santiaji Pendidikan. Vol. 6. No. 2
Sumarni., Harun H, Abduh., Imran. 2014. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah dasar Kecil Toraranga Pada mata Pelajaran PKn pokok bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Propinsi. Jurnal Kreatif Tadulako.Vol. 3. No. 4
Tim Dit. PSMP. 2019. Materi Finalisasi Orientasi Program Pendampingan Sekolah Bermutu Berbasis Zonasi Melalui Lesson Study For
Learning Community. Yogyakarta.
Toulmin. 2003. The Uses of Argument.Cambridge University Press: New York.
Wulan, A.R. 2018. Menggunakan Asesmen Kinerja Untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian.UPI Press: Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mumun Nurmilawati, Sulistiono, Ida Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.