Desain Pembelajaran Materi Sistem Indra Menggunakan TPS (Think, Pair, Share) Pada KELAS XI MIPA

Authors

  • Nimsih Maktorima Paidjo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dwi Ari Budiretnani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ida Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

desain pembelajaran, TPS, sistem indra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari desain pembelajaran pada materi sistem indera melalui model pembelajaran Think Pair dan Share (TPS). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru di peroleh bahwa siswa mengalami kesulitan pada saat mempelajari materi sistem indera karena banyak menyajikan gambar morfologi dan struktur alat indera. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 30 siswa. Metode penelitian ini menggunakan design research tipe validation study, yang terdiri dari tahap preparing for theexperiment, experimentin the classroom (pilot experiment & Teaching experiment),dan retrospective. Instrumen penelitian ini adalah wawancara,observasi,lembar kerja siswa.Aktivitas pembelajaran terdiri atas:tahap Think siswa diinstruksikan untuk mencari informasi pada referensi untuk mengerjakan soal secara mandiri. Pada tahap pair siswa secara berpasangan untuk mendiskusikan hasil jawaban,sedangkan pada tahap share siswa mempresentasikan didepan kelas. Penelitian ini juga menunjukan bahwa desain pembelajaran yang mengintergrasikan materi sistem indra menggunakan TPS dapat membantu siswa memahami materi ini.

References

Amarila, R.S., Habibah, N A.,& Widiyatmoko,A.2014.Pengembangan Alat Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada pembelajaran IPA Terpadu Model Webbed Tema Lingkungan.Unnes Science Education Journal 3 (2) : 16-19.

Budiningsih,C.A.2012. Belajar dan Pembelajaran. Cet, II; Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, A.R. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share pada Mata Kuliah Kimia Dasar 1. Forum MIPA, 13(2):77-81.

Lie, 2008. Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang kelas. Jakarta:Grasindo.

Nuryani, R.2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang :Universitas Malang Press.

Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Zakaria. 2021. Kecakapan Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dirasah, 4(2), 81–90. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/27

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Maktorima Paidjo, N. ., Ari Budiretnani, D. ., & Rahmawati, I. . (2022). Desain Pembelajaran Materi Sistem Indra Menggunakan TPS (Think, Pair, Share) Pada KELAS XI MIPA. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 84–90. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1922

Issue

Section

Articles