Desain Pembelajaran Model Think Pair Share Pada Materi Sistem Reproduksi Menggunakan Preferensi Gangguan Pada Organ Reproduksi Di SMAN 3 Kediri

Authors

  • Dwi Lianawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Budi Utami Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ida Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Denis Agustin SMA Negeri 3 Kediri

Keywords:

Sistem Reproduksi, Think Pair Share (TPS), Validation Study

Abstract

Sistem reproduksi merupakan salah satu materi yang dipelajari dikelas XI SMA. Dari hasil wawancara dan observasi diketahui siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran khususya pemahaman pada materi sistem reproduksi sub bab gangguan pada organ reproduksi, Oleh karena itu, pembelajaran perlu didesain ulang dengan model pembelajaran think pair share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh desain pembelajaran sistem reproduksi menggunakan preferensi penyakit pada organ yang valid dan efektif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain research type validation study yang terdiri dari 3 tahap: preparing for the eksperiment, eksperiment in the class room (pilot eksperiment & teaching eksperiment),dan restropective analysis. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kediri. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi,lembar kerja siswa. Aktivitas pembelajaran terdiri atas: tahap think siswa di intruksikan mencari referensi untuk mengerjakan soal secara mandiri, pada tahap pair siswa secara berpasangan mendiskusikan hasil jawaban, dan pada tahap share siswa mempresentasikan didepan kelas. Integrasi preferensi gangguan sistem resproduksi dalam materi ini dapat membantu siswa memahami materi gangguan organ reproduksi.

References

Dian Ayu Ratnasari, O., & Biologi Fakultas Matematika Dan, J. (2009). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DI SMA NEGERI SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS SKRIPSI disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Biologi.

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Fahrozi, M. (2018). Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas VI Di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. 1–116.

Lidinillah, Didin Abdul Muiz. (2012). Educational Design Research : a heoretical Framework for Action. Jurnal UPI, 1, Bandung: UPI Kampus Tasikmalaya.

Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. (2012). Design Research sebagai Model Penelitian Pendidikan. Artikel Pada Kegiatan Pembekalan Penulisan Skripsi Mahasiswa S1 PGSD UPI Kampus Tasikmalaya, 2, 40–41.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.

Roihana, R. Z. (2018). Efektivitas Penggunaan Video dan Mama Card Pada JPembelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Lianawati, D. ., Utami, B. ., Rahmawati, I. ., & Agustin, D. . (2022). Desain Pembelajaran Model Think Pair Share Pada Materi Sistem Reproduksi Menggunakan Preferensi Gangguan Pada Organ Reproduksi Di SMAN 3 Kediri . Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 74–83. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1921

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)