Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitungan Campuran Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Teluk Kota Jambi

Authors

  • Ayu Sulistiya Niingsih Universitas Jambi
  • Bunga Rahmi Putri Universitas Jambi
  • Namela Wirawan Universitas Jambi
  • Yandri Universitas Jambi
  • Safriansyah Universitas Jambi

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, PBL

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bahan ajar tersebut disesuaikan dengan kurikulum yang terdapat di sekolah yakni kurikulum tingkatan satuan pendidikan (Kurikulum 2013), semacam halnya kurikulum matematika yang digunakan di SD Negeri 127/ IV, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi. Modul pembelajarannya merupakan operasi aritmatika kombinasi. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VI SD Negeri 127/ IV Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi yang berjumlah 17 siswa, dengan rincian 11 siswa pria serta 6 siswa wanita. Diterangkan pada pratindakan saat sebelum kegiatan rata- rata skor ulangan setiap hari saat sebelum tindakan merupakan 51,76. Berikutnya nilai rata- rata ulangan setiap hari awal sehabis kegiatan (T1) merupakan 59,41 nilai rata-rata ulangan setiap hari kedua sehabis aksi (T2) merupakan 61,76 serta nilai rata-rata ulangan setiap hari ketiga sehabis kegiatan (T3) merupakan 75,29. Dengan demikian pendidikan dengan model PBL bisa tingkatkan hasil belajar, keaktifan serta motivasi bagi peserta didik.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktis Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3, 2006), hlm. 3.

Hamdik, Umar. 2009. “Kurikulum dan Pembelajaran”. Sastra Bumi. Jakarta

Iftakhar, S. (2016). Kelas Google: apa yang berhasil dan bagaimana. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 12-18. Kemble, EC (1966). Fisika, struktur dan perkembangan. Messachusetts : M.I.T. Tekan. Kroker, A., & Weinstein, MA (1994). Data sampah: Teori kelas virtual. Perspektif Dunia Baru.

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Anak Kesulitan Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), hlm. 38Nyayu Khodijah, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016), hlm. 149

Nirfayanti & Nurbaeti. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Analisis Real Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar, https://ejournal.my.id/proximal/article/view/211.

Keputusan Bersama 4 Menteri; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri bersama facekorona.kemdikbud.go.id/category/learning applications

Surat Edaran Sekjen Kementerian P&K Nomor 15 Tahun 2020. Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah di Masa Darurat Penyebaran Covid-19

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4, 2007), hlm. 408 & 121.

Tantri, N.R. (2018). Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Online Berdasarkan Perspektif Peserta Didik Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 19(1), 29. doi:10.33830/ptjj.v19i1.310.201

Saroni Muhammad 2006, Manajemen Sekolah, Yogyakarta, Ar Ruzz

Wahab, Abdul dan Umiarso, 20021, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Niingsih, A. S. ., Putri, B. R. ., Wirawan, N. ., Yandri, Y., & Safriansyah, S. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitungan Campuran Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Teluk Kota Jambi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 261–268. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1523

Issue

Section

Articles