Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis makanan semakin meningkat. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi sehingga perusahaan dituntut memenuhi dan mengimbangi perubahan. Persaingan bisnis kuliner memotivasi pengusaha untuk menunjukkan keunggulan produknya, persaingan harga, ketepatan media promosi, dan kualitas layanan sebagai strategi marketing untuk menciptakan kepuasan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh signifikan antara kualitas produk dan harga secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen sate dan gulai kambing muda pada Depot Pak Eko. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik bersifat kausal dan pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi penelitian yakni seluruh konsumen yang pernah membeli sate dan gulai kambing muda di Depot Pak Eko Desa Satak, Kec. Puncu, Kab. Kediri dengan sampel sejumlah 45 responden. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan harga secara parsial maupun secar simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
References
Cahyani, Febby Gita, dan Sitohang ,S. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(3): 1–19.
Daryanto, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.
Fiazisyah, Annisa, dan Purwidiani Niken. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji KFC Basuki Rahmat Surabaya.” Jurnal Tata Boga 7(2): 178–87.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. 12th ed. ed. Wibi Maulana, Adi dan Barnadi, Devri, dan Hardani. Jakarta: Erlangga.
Swastha, Basu & Handoko, Hani. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks.
Wijaya, Violita Cynthia. 2017. “Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy.” Jurnal Agora 5(1).