Seminar Nasional Ekonomi Manajamen dan Akuntansi dan call for papers yang bertema “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) sebagai Penggerak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” merupakan Seminar Nasional pertama yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi UNP Kediri.

Adapun latar belakang diadakan seminar ini adalah mengingat UMKM memiliki peran penting dan strategis dalam perekonomian nasional, hal ini terbukti karena UMKM antara lain: (1) sebagai pemain utama kegiatan ekonomi Indonesia, (2) memberi kontribusi yang besar terhadap Produk Domestik Bruto, (3) memberi kontribusi terhadap peningkatan ekspor non migas, dan (4) memberi kontribusi terbesar dalam penyerapan tenaga kerja. Di samping memiliki peran penting dalam perekonomian, UMKM juga terbukti tangguh saat terjadi krisis ekonomi 1998, karena hanya sektor UMKM yang bertahan dari kolapnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang oleh krisis. 

Melihat besarnya peranan UMKM terhadap pembangunan perekonomian nasional, pemerintah membuat kebijakan penting dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan UMKM agar menajadi usaha yang tangguh dan mandiri, yaitu dengan diterbitkannya UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM.  Melalui UU tersebut pemerintah berusaha memajukan UMKM melalui: (1) Program penciptaan iklim usaha yang kondusif, (2) Program peningkatan akses produktif dan (3) Program pengembangan kewirausahaan dan pelaku UMKM berkeunggulan kompetitif. Demikian pula peraturan-peraturan turunannya melalui PERDA baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Perguruan Tinggi sebagai bagian dari komponen bangsa, melalui Tridharma Perguruan Tinggi yang dimiliki sudah selayaknya berperan aktif dan memberi kontribusi terhadap pemberdayakan UMKM, sehingga UMKM lebih berkembang, dan memberi kontribusi lebih besar lagi dalam perekonomian nasional. Salah satu wujud nyata kepedulian Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri terhadap UMKM adalah melalui seminar nasional dan call for papers dengan tema “Strategi Pengembangan UMKM sebagai Penggerak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”, yang diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang positif  terhadap perkembangan UMKM dan perekonomian nasional.

Published: 2020-08-19

Analisis Kompetensi Dosen Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Berbasis IFRS

Dyah Ani Pangastuti, Rudi Wahyono, Dyah Sukanti Cahyaningsih

MODEL PERANCANGAN APLIKASI E-MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI PULAU LOMBOK

Renny Nur’ainy Nur’ainy, Bagus Nurcahyo, Dyah Mieta Setyawati, Ety Sutanty

INTRODUKSI PDRB RIEL RANTAI NILAI BAGI BPS SURAKARTA DAN SUKOHARJO

Agung Riyardi , Bambang Setiaji, Didit Purnomo, Triyono Triyono

11-24

PREDIKSI KEGAGALAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM): SEBUAH PERSPEKTIF KEUANGAN

Nekhasius Agus Sunarjanto, Herlina Yoka Roida, Agnes Utari Widyaningdyah