MODEL PERANCANGAN APLIKASI E-MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI PULAU LOMBOK
PDF

Keywords

e-marketing
UMKM

How to Cite

Nur’ainy, R. N., Nurcahyo, B. ., Setyawati, D. M. ., & Sutanty, E. . (2016). MODEL PERANCANGAN APLIKASI E-MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI PULAU LOMBOK . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/43

Abstract

Keberhasilan UMKM adalah kemampuannya menyediakan produk bagi pasar yang ada. Namun demikian, kelemahan mendasar yang dihadapi UMKM dalam pemasaran adalah rendahnya orientasi pasar, kelemahan dalam persqingan yang komplek dan tajam serta kurangnya infrastruktur pemasaran. Dalam menghadapi persaingan dan mekanisme pasar terbuka, pengawasan pasar merupakan prasyarat dalam mengembangkan daya saing. Oleh karena itu, perluasan akses pasar dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Berbasis Web sangatlah dibutuhkan sebagai media untuk komunikasi global. Salah satu yang memberikan keunggulan daya saing dalam persaingan bisnis internasional adalah teknologi informasi untuk pemasaran elektronik atau lebih dikenal dengan istilah e-marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah atau kajian terhadap kerangka kerja teoritis dan hasil empiris yang terkait dengan perancangan dan pengembangan teknologi informasi yang berhubungan dengan UMKM khususnya dibidang e-commerce dan e-marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting e-marketing bagi UMKM di Pulau Lombok dan mengembangkan model e-marketing yang sesuai dengan kebutuhan UMKM tersebut.

 

PDF

References

Bhandari, Saroj, 2012, E-Marketing plan: Case Study E.Luhta Oy Ltd, Thesis, Business School, Seinäjoki University Of Applied Sciences.

Chaffey, Ellis-Chadwick, Johnston, & Mayer, 2006, Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice, Third Edition, Prentice Hall, Pearson Education Limited, Edinburgh Gate Harlow, Essex CM20 2JE, England

Chaffey, PR Smith, 2013, E-Marketing Exellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing, 4th Edition, Routledge 711 Third Avenue, New York, NY 10017

Njau, Jacqueline Nyawira, Karugu, Winnie, 2014, Influence Of E-Marketing On The Performance Of Small And Medium Enterprises In Kenya: Survey Of Small And Medium Enterprises In The Manufacturing Industry In Kenya, International Journal of Business & Law Research 2(1):62-70, March 2014

Kiskis, Mindaugas, 2009, Direct Electronic Marketing Opportunities For SMEs, Intellectual Economics, No. 2(6), p. 61-72

Prashant Sumeet, www.brandchannel.com, 2016.

Tsekouropoulos, Georgios; Zacharoula Andreopoulou; Christiana Koliouska; Stavroula lefa; Theodoros Koutroumanidis; Christos Batzios, 2011, E-marketing and Internet Functions of Agricultural Products in SME in Greece, In: M. Salampasis, A. Matopoulos (eds.): Proceedings of the International Conference on Information and Communication Technologies for Sustainable Agri-production and Environment (HAICTA 2011), Skiathos, 8-11 September, 2011

Turban, E., 2010, Information Technology for

Management: Transforming Organizations in the Digital Economy. New Jersey: John Wiley & Sons.