STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI INDONESIA
pdf

Keywords

Strtegi Pengembangan UMKM
Pembelajaran Kewirausahaan
Pendidikan

How to Cite

Rindrayani, S. R. . (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 259–269. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/3133

Abstract

UMKM mempunyai peranan yang pengting sebagai pengerak utama perekonomian di Indonesia. Karakteristik
UMKM Indonesia adalah mempunyai daya tahan untuk hidup dan mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kinerjanya
selama krisis ekonomi. Terbukti pada saat krisis moneter beberapa tahun silam, sektor UMKM-lah yang mampu bertahan
disaat terjadi krisis global. Kontribusi UMKM dalam pertuumbuhan ekonomi antara lain (1) Sektor UMKM mampu
menyerap tenaga kerja yang tidak tertampung pada sector formal sehingga menguranggi penggaguran; (2) sektor UMKM
mempunyai kontribusi terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB); (3) Sektor UMKM sebagai sumber penghasil
devisa negara melalui ekspor berbagai jenis produk yang dihasilkan sektor ini. Namun kenyataannya UMKM tidak bisa
tumbuh dan berkembang secara optimal karena berbagai permasalahan yang dihadapi UMKM antara lain: kesulitan
permodalan, rendahnya pengetahuan menajemen pengelolaan usaha, kurangnya informasi jaringan pemasaran,dan
lemahnya penguasaan teknologi informasi. Oleh karenanya perlu upaya bagaimana mengembangkan UMKM sehingga
mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi secara optimal. Salah satu cara dapat dilakukan melalui
pembelajaran kewirausahaan pada tingkat pendidikan dasar , menengah , dan perguruan tinggi. Pembelajaran
kewirausahaan pada tingkat pendidikan dasar, menengah, dan pengguruan tinggi mempunyai peran yang strategi untuk
membekali peserta didik memiliki kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan kewirausahaan seta soft skill
wirausahawan, sehingga mempunyai kecakapan hidup untuk mengelola usaha secara mandiri. Pembelajaran
kewirausahaan diharap juga berdampak pada lahirnya wirausahawan muda yang tangguh dan mampu bersaing pada
kondisi global. Semakin banyaknya berdirinya usaha baru, maka semakin besar kontribusinya dalam mengatasi
pengguguran, kemiskinan, meningkatkan PDB,dan meningkatnya devisa melalui ekspor.

pdf

References

Afandi, Rifki. 2013.Penanaman Jiwa Kewirausahaan Pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1, Nomor 2,

September 2013.

Chun-Mei Chou, dkk. 2010. National Yunlin University of Science and Technology, Yunlin, Taiwan,A study on constructing entrepreneurial

competence indicators for business department students of vocational and technical colleges in Taiwan, World Transactions on engineering and Technology Education (WIETE) Vol.8, No.3, 2010, diakses 12 Oktober 2012

Subagyo, S., & Samari, S. (2022). Meningkatkan kinerja bisnis melalui orientasi kewirausahaan dan kemampuan managerial dengan strategi bisnis sebagai variabel intervening. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(2), 441-449.