Abstract
Penelitian ini di latar belakangi bahwa masih kurangnya perhatian orang tua kepada siswa membuat kurang motivasi siswa dalam pembelajaran di sekolah. guru yang kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran membuat siswa kurang kondusif dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa yang kurang baik. Ada pun tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK PGRI Kota Kediri.
Penggunaan sampel dipenelitian ini yaitu siswa kelas XI Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang berjumlah 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan teknik penelitian menggunakan kausalitas Analisis pada penelitian ini memakai analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) perhatian orang tua memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. 2) motivasi belajar siswa memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. 3) gaya mengajar guru memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. 4) perhatian orang tua, motivasi belajar siswa dan gaya mengajar guru mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa orang tua, siswa dan guru seharusnya lebih memperhatikan lagi tentang perhatian orang tua, motivasi belajar siswa dan gaya mengajar guru karena hal itu sangat mempengaruhi hasil belajar siswa.
References
Made I, Andreana D, Sugihartini N, Wahyuni DS, Windu M, Kesiman A. Korelasi Perhatian Orang Tua Siswa dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri Se-Kota Tabanan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 (Studi Kasus : SMA Negeri Se-Kota Taba. KARMAPATI (Kumpulan Artik Mhs Pendidik Tek Inform [Internet]. 2013;2(6):697–702. Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19643
Goo F. PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG STUDI EKONOMI KELAS X SMA YPK TABERNAKEL NABIRE (PAPUA) TAHUN AJARAN 2017/2018 [Internet]. Vol. 6, Energies. 2018. 1–8 p. Available from: http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Monika M, Adman A. Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. J Pendidik Manaj Perkantoran. 2017;2(2):109.
Andriani R, Rasto R. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. J Pendidik Manaj Perkantoran. 2019;4(1):80.
Putri VJ, Subarno A, Susantiningrum. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smk Batik 1 Surakarta. J Inf dan Komun Adm Perkantoran [Internet]. 2019;3:32–9. Available from: https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/35511
Anwar A, Daud M, Abubakar A, Zainuddin Z, Fonna F. Analisis Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. J Serambi Ilmu. 2020;21(1):64–85.
Endriani A. “Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motifasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaranْ2015/2016. Realita. 2016;1(2):109.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. raja wali pers; 2016.
Abd Mukhid. Metodologi penelitian pendekatan kuantitatif. jaka media publishing; 2021.
Lubis A, Sabrina H. PENGARUH LOYALITAS DAN INTEGRITAS TERHADAP KEBIJAKAN PIMPINAN DI PT . QUANTUM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area. 2020;2–18.
Asari A. PENGANTAR STATISTIKA. 2023.