Abstract
Dengan penekanan pada S1 (Strata 1), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi orang tua dan status ekonomi mempengaruhi keinginan anaknya untuk melanjutkan pendidikan. Desain penelitian ini bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini, 98 siswa yang masuk dalam populasi dan sampel SMK PGRI 3 Kediri yang terdaftar di kelas X, XI, dan-II. Instrumen pengumpulan data utama yang digunakan adalah kuesioner. Memanfaatkan SPSS versi 23 untuk pengolahan dan analisis data, dilakukan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang kuat antara keadaan keuangan orang tua dengan motivasi, motivasi dan minat melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana, dan masing-masing faktor tersebut saling memberikan dampak positif yang signifikan. Asosiasi ini mempunyai koefisien determinasi (R2) sangat signifikan sebesar 87,6%.
References
V. No, “Kekuatan 7P Bauran Pemasaran Terhadap Pilihan Mahasiswa Berkuliah Di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 2, no. 1, pp. 11–21, 2019, doi: 10.7454/jsht.v2i1.61.
S. B. Oryza and A. Listiadi, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi,” JPEKA J. Pendidik. Ekon. Manaj. dan Keuang., vol. 5, no. 1, pp. 23–36, 2021, doi: 10.26740/jpeka.v5n1.p23-36.
A. F. Noveli, H. Maksum, M. Nasir, and N. Hidayat, “Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Dalam Hubungannya dengan Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua,” JTPVI J. Teknol. dan Pendidik. Vokasi Indones., vol. 1, no. 2, pp. 217–226, 2023, doi: 10.24036/jtpvi.v1i2.67.
D. Setyorini and A. Syahlani, “Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 16, no. 02, pp. 177–193, 2019, doi: 10.36406/jam.v16i02.241.
S. Taufik and T. Kurniawati, “Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Prestasi Belajar, dan Kesempatan Kerja Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Program Magister Fakultas Ekonomi UNP,” J. Ecogen, vol. 3, no. 1, p. 49, 2020, doi: 10.24036/jmpe.v3i1.8486.
U. Sofiyanti and Sukirman, “Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Prestasi Belajar,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 8, no. 2, pp. 453–469, 2019, doi: 10.15294/eeaj.v8i2.31500.
R. M. Pradifta, N. Diana, and M. C. Mawardani, “Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya, dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Program Pascasarjana Magister Akuntansi,” E-Jra, vol. 10, no. 07, pp. 13–24, 2021.
A. S. Dewi, P. Ariani, and A. Dianah, “Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh,” Ekobis Syariah, vol. 4, no. 1, p. 28, 2021, doi: 10.22373/ekobis.v4i1.10047.
R. S. RU Damanik, “Dukungan Orangtua dan Efikasi diri Terhadap Minat Melanjutkan pendidikan ke Perguruan tinggi melalui Motivasi sebagai Variabel Intervening,” J. Psychol., pp. 25–41, 2023.
S. P. . M. P. Astrid Yuniar & Evi Winingsih, “Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua Dan Efikasi Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas X Di Smk Negeri 2 Kota Mojokerto,” Bimbing. dan Konseling, Fak. Ilmu Pendidikan, Univ. Negeri Surabaya, pp. 303–311, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/53129/42631