FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA

Main Article Content

Sefilia Putri Asmaratika

Abstract

SEFILIA PUTRI ASMARATIKA : Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UN PGRI Kediri), Skripsi, Manajemen, FEB UNP Kediri, 2021.


Kata Kunci : Faktor Intrinsik, Faktor Ekstrinsik Dan Minat Berwirausaha.


Pengangguran meningkat ketika banyaknya orang tidak seimbang dengan jumlah pekerjaan. Salah satu upaya untuk menurunkan angka pengangguran adalah dengan meningkatkan minat berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan. Sejalan dengan pemikiran tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui seberapa tertarik mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UN PGRI Kediri dalam berwirausaha menurut faktor-faktor yang mempengaruhi wirausaha.


Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UN PGRI Kediri yang berjumlah 110 mahasiswa (angkatan 2017). Sampel penelitian ini adalah dari populasi sebanyak 92 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner. Cara pengambilan kuesioner dengan mendistribusikannya melalui Google Formulir dengan membagikan link ke Google Formulir melalui media sosial WhatsApp.


Berdasarkan hasil survey, hasil uji F yang berminat memulai usaha adalah 43.183, signifikansi = 0,000 < 0,05 artinya “Faktor intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UN PGRI Kediri berpengaruh terhadap kepentingan wirausaha secara simultan atau bersama-sama” diterima. Uji t untuk variabel faktor intrinsik minat berwirausaha adalah 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UN PGRI Kediri.

Article Details

How to Cite
Asmaratika, S. P. (2021). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1599–1603. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/716
Section
Articles

References

Suryana Yuyus dan Kartib. 2011. Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta : Prennada Media Grup.

Suharti, L & Sirine, H.. 2011. “Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan (Studi terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Rusdiana. 2013. Kewirausahaan teori dan praktek. Bandung : CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.