PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI
pdf

Keywords

motivasi
lingkungan keluarga
ekspektasi pendapatan
minat berwirausaha

How to Cite

Wardani, K. T., Surindra, B., & Prastyaningtyas, E. W. (2021). PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 692–698. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/964

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, lingkungan keluarga, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 58 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Hasil perhitungan signifikansi uji t motivasi adalah 0,000 < 0,05 dengan t hitung 4,591 > 1,672, lingkungan keluarga 0,065 > 0,05 dengan t hitung 1,880 > 1,672, dan  ekspektasi pendapatan adalah 0,000 < 0,05 dengan t hitung 4,848 > 1,672. Selanjutya uji f motivasi, lingkungan keluarga, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha adalah  28,853 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan motivasi dan ekspektasi pendapatan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha.  Sedangkan lingkungan keluarga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Secara simultan motivasi, lingkungan keluarga, dan ekspektasi pendapatan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.

pdf

References

Jobstreet. Covid-19 Job Report. 2020;1–36.

BPS. Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan [Internet]. 2020. Available from: https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1672/februari-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-99-persen.html

Indriyani L, Margunani. Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Ligkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. 2018;7(3):848–62.

Alma B. Kewirausahaan. Bandung: Bandung: Alfabeta; 2016.

Octavionica A. Pengaruh Motivasi Berwirausaha Serta Lingkungan Internal Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung. 2016;

Setiawan D. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. 2016;

Utami MAP, Sari MMR. Pengaruh Motivasi Internal Dan Motivasi Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Non Reguler. 2017;20(1):758–87.

Prastyaningtyas EW, Soetjipto BE, Rudijanto ETD. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Niat Berwirausaha Melalui Self Efikasi. 2018;1–17.

Syofian S. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Jakarta: Kencana; 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Bandung: Alfabeta; 2017.

Sari PP. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Norma Subyektif Terhadap Minat Berwirausaha. 2017;

Kamma H, Hardian. Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga dan Masyarakat, Ekspektasi Pendapatan, dan Pendidikan Terhdap Minat Mahasiswa Berwirausaha. 2018;1(1):43–51.

Kardiana TC, Melati IS. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan diri, dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha. 2019;8(3):1182–97.

Extiyangshah, H. P., & Wihara, D. S. (2022). PENGARUH PELATIHAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA ANGGOTA PODAKAN SUMBER REJEKI DI DESA BANGKOK, KEDIRI. Media Mahardhika, 21(1), 12-21.