Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk, kepercayaan dan promosi terhadap minat beli pada belanja online Shopee baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Purposive sampling digunakan sebagai teknik penentuan sampel yang diambil dari kelompok populasi mahasiswa FEB UNP Kediri angkatan 2018. Hasil penelitian kualitas produk dengan t hitung 2,428>t tabel 1,992 dan nilai sig 0,18<0,05, kepercayaan dengan t hitung 2,168>t tabel 1,992 dan nilai sig 0,033<0,05, promosi dengan t hitung 4,189>t tabel 1,992 dan nilai sig 0,000<0,005 sedangkan F hitung 38,446>F tabel 2,72 dan nilai sig 0,00<0,05 sehingga disimpulkan secara parsial dan simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk, kepercayaan, dan promosi terhadap minat beli mahasiswa pada belanja online Shopee.
References
Rerung RR. E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: CV Budi Utama; 2018.
iprice.com. Daftar 50 Website & E-Commercw di Indonesia [Internet]. www.iprice.com. 2021 [cited 2021 Jan 11]. Available from: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Priansah DJ. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, CV; 2017. 164 p.
Satria AA. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36. J Manaj. 2017;2(April).
Alfatris TD. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli K-pop (Korean Pop) Album dengan Sistem Pre Order secara Online (Studi Pada Online Shop Kordo Day Shop (CORP) Semarang). 2014;
Daulay R, Handayani S, Ningsih IP. Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. J homepage [Internet]. 2020;1177. Available from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/
Santi ER, Supriyanto A. Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Sate Taichan Bandar D’Licious). Sains Manaj. 2020;2(1):47–56.
Anwar R, Adidarma W. Pengaruh Kepercayaan dan Risiko pada Minata Beli Belanja Online. J Manaj Dan Bisnis Sriwajaya. 2016;14:2.
Widhiani A, Idris. Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli di Situs Bukalapak ( Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro ). J Manaj. 2018;7:1–6.
Solihin D. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. 2020;4(1):26–37.
Adhawiyah N, Yuniati T. Pengaruh harga, promosi, kepercayaan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi shopee. J Ilmu dan Ris Manaj. 2018;7.
Shafitri M, Aryani L, Nobelson. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. Ris Nas Ekon Manajemen, dan Akunt. 2021;2:201–12.
Razak I. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Pelanggan Indihome Di Propinsi Dki Jakarta. J Manaj Bisnis Krisnadwipayana. 2016;4(2):1–8.