PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Main Article Content

Sri Utami Hanggondosari

Abstract

 Keputusan Pembelian akan terpengaruh apabila didukung oleh variabel kualitas produk, harga, dan promosi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Responden dalam penelitian ini sebanyak 45 orang. Sampel yang dilakukan dengan Accidental  sampling. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi pustaka dan kuesioner. Sedangkan analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji t dan uji F dengan menggunakan program software SPSS versi 22. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda, terbukti bahwa variabel kualitas produk, harga dan promosi secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan kembelian pada Konveksi batik “Bandar Kidul” Kediri. Secara parsial  variabel  kualitas produk mempunyai pengaruh  yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Semua variabel bebas berkontribusi 85,1% terhadap variabel terikat.

Article Details

How to Cite
Hanggondosari, S. U. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1143–1149. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/1166
Section
Articles

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Andis, Agunawan. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Pada Toko Centro Palopo. (Online). Tersedia: http://journal.stiem.ac.id/index.php/jurman/article/view/345 [12 Maret 2021].

Andriani, Wiwin. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merk Dharma (Studi Kasus Pada Konsumen CV. Bahana Turta Alam Maritim di Kabupaten Sumbawa Besar). (Online). Tersedia: http://repository.uts.ac.id/219/ [12 Maret 2021].

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bairizki, Ahmad. 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD. Ratna Cake & Cookies). (Online). Tersedia: http://stieamm.ac.id/jurnal/pengaruh-harga-promosi-dan-kualitas-produk-terhadap-keputusan-pembelian-dalam-meningkatkan-penjualan-studi-kasus-pada-ud-ratna-cake-cookies/ [12 Maret 2021].

Basu Swastha, Dharmesta dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Basu Swastha, Dharmesta dan Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid Pertama. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid 2, Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Puspa, Rani. 2017. Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Perumahan Ciujung River Park Serang). (Online). Tersedia: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb/article/view/3849 [12 Maret 2021].

Sani, Ahmad dan Maharani, Vivin. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori, Kuesioner, dan Analisis Data. Malang: Uin Press.

Saragih, Bongsu. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bastard Clothing. (Online). Tersedia: https://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/view/220 [12 Maret 2021].

Simamora, Bilson. 2011. Memenangkan Pemasaran dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : CV. Andi.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.