PERAN KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN PENETAPAN HARGA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MEREK POLYGON DIKOTA NGANJUK

Keywords

STIE Nganjuk

How to Cite

Respatiningtias, D. S. . (2022). PERAN KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN PENETAPAN HARGA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MEREK POLYGON DIKOTA NGANJUK. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 7(1). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2683

Abstract

Di era globalisasi dan pandemi Covid-19 seperti saat ini dengan perkembangan zaman,teknologi, dan sarana olahraga maupun transportasi,sepeda mulai diminati dan dicari lagi oleh peminat maupun konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda merek polygon di kota Nganjuk 2).Untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda merek polygon di kota Nganjuk, dan 3).Untuk mengetahui pengaruh penetapann harga terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda merek polygon di kota Nganjuk 4). Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek dan penetapan harga terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda merek polygon di kota Nganjuk.

            Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif kausal (sebab akibat). Dengan populasi dalam penelitian ini adalah 200 orang, namun sampel yang digunakan sebanyak 133 responden yang diambil dengan rumus Slovin. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner. Adapun variabel yang diteliti meliputi kualitas produk, citra merek, dan penetapan harga sebagai variabel bebas dan keputusan konsumen sebagai variabel terikat.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian,  sebesar3,270 dengan Sig. 0,002 (2) variabel citra merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian,  2,953 dan Sig. 0,001  (3) variabel penetapan harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, sebesar 2,365 dengan Sig. 0,001 (4) variabel kualitas produk, citra merek dan penetapan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. sebesar 8,506 dan Sig. 0,000.

KATA KUNCI: Kualitas Produk; Citra Merek; Penetepan Harga; Keputusan Pembelian.

References

Handoko. 2013. Manajemen. Edisi Kedua. Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta : BPFE

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. 2016 Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta

Riduwan. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed. Methods). Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Kotler, Philip, dan Kettler, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy 2012. Strategi Pemasaran, ed 3, Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip, Amstrong, Garry, 2008. . Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran (Marketing Management) (Edisi. 13). U.S.A :Pearson Prentice Hall.

Tjiptono, Fandy, Gregorius dan Dadi Adriana, 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amstrong, Gary dan Philip, Kotler. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi. Kedua belas, Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Fandy Tjiptono,2015, Strategi Pemasaran,Edisi 4, Yogyakarta.Cv. Andi.