ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PENINGKATAN JUMLAH KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JASA MENGEMUDI BARUNA NGANJUK

Main Article Content

Mita Sundari
Dyah Suswanti Respatiningtias

Abstract

This study is to find out the competitive strategies applied to the Baruna Nganjuk Driving Course and the competitive strategies applied to the Baruna Nganjuk Driving Course in increasing the number of consumers.


The research method used by researchers is descriptive with a qualitative approach. The data collection techniques in question are in the form of questionnaires, interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques are processed by analyzing the data theoretically so that IFAS (Internal Strategic Factor Analysis Summary) and EFAS (External Strategic Factor Analysis Summary) can be found using the analysis SWOT method in Baruna Nganjuk's driving course.


                    The results of this study prove that the data regarding the position of the company using SWOT analysis shows that the Baruna Nganjuk driving course service business is in a business growth phase. With an internal factor value of 3.02 and an external factor value of 3.39. A suitable marketing strategy applied to the Baruna Nganjuk driving course services in increasing the number of consumers is to use SO (Strength Opportunities) strategy. The SO strategy is carried out by harnessing the company's strengths by capturing high market opportunities.

Article Details

How to Cite
Sundari , M. ., & Respatiningtias, D. S. . (2020). ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PENINGKATAN JUMLAH KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JASA MENGEMUDI BARUNA NGANJUK. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1), 210–217. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/251
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bilung, Septinor. 2016. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda pada CV. Semoga Jaya di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Universitas Mulawarman : eJournal Administrasi Bisnis

Cahyono, D. D., Rita, A., & Kharis, R. (2016). Pengaruh Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan (Size), Leverage (DER) dan Profitabilitas (ROA) terhadap Tindakan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) pada Perusahaan Perbankan yang Listing BEI Periode Tahun 2011-2013. Jurnal Akuntansi. Vol2. (No. 2).

Elyarni. 2016. Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP

Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Hladchenko, Myroslava. 2014. Balanced scorecard-a strategic management system of higher education institution.International Journal of educational management Vol. 29 No. 2, 2015, pp. 167-176

Irawan, Muhammad Rizal Nur. 2014. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Pengembangan Tabungan Harmoni Plus Pada BPR Nusamba Brondong Kantor Kas Lamongan. Jurnal EKBIS: Analisis, Prediksi, dan Informasi Vol. XI No. 519-576 Hal. 525-531 ISSN 1979-746X. Lamongan: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan

Ismainar, hetty. 2015. Manajemen Unit Kerja. Jogjakarta: Deepublish

Lukmandono. 2015. Analisis SWOT untuk Menentukan Keunggulan Strategi Bersaing di Sektor Industri Kreatif. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Maulana, Arman. 2016. Penentuan Prioritas Strategi Pariwisata dengan Menggunakan Metode Quatitative Strategic Planning Matrix (Studi Kasus Pada Pariwisata Kabupaten Pasawaran). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nisak, Z. 2013. Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Unisla 2 (4) : 1-8

Rahayu. 2016. Penerapan Analisis SWOT Dalam Perumusan Strategi Bersaing Pada Eddy Jaya Photo

Rangkuti, Freddy, 2016, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Edisi Duapuluh. Dua, Cetakan Keduapuluh Dua. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Riswandi. 2016. Analisis Strategi Bersaing Rumah Makan (Studi Pada Rumah Makan Darisa Cafe Campus)

Robbins, Stephen P. and Coulter, Mary. 2012. Management. New Jersey: Pearson

Rusmawati, Yunni. 2017. Penerapan Strategi Segmentasi Pasar Dan Positioningproduk Dengan Pendekatan Analisis SWOT Untuk Peningkatan Penjualan pada UD.Surya Gemilang Motor Di Surabaya Jurnal Ekbis/Vol.XVII/No.1 Edisi Maret 2017.

Sondang, Siagian. P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed. Methods). Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistiani, Dwi. 2014. Analisis SWOT sebagai Strategi Perusahaan dalam Memenangkan Persaingan Bisnis. Journal article el-Qudwah.