Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Modal, Jam Kerja, Lokasi, Selisih Mutlak Lokasi dengan Modal, dan Selisih Mutlak Lokasi dengan Jam Kerja terhadap Pendapatan para pedagang di Pasar Wage II Nganjuk. Paradigma penelitian ini menganut aliran positivism. Berdasarkan teori-teori yang mendukung, penelitian ini termasuk jenis explanatory research.
Unit analisis dalam penelitian ini seluruh pedagang di Pasar Wage II Nganjuk. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara angket dan penelitian dokumen dilengkapi dengan wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dari data primer maupun sekunder. Banyaknya sampel ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 95 pedagang.
Hasil analisis regresi linier diperoleh membuktikan bahwa secara parsial maupun simultan seluruh
variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat kecuali moderator. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa kemampuan tiga variabel bebas dalam model untuk memprediksi pendapatan para pedagang sebesar 33,9%
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan faktor Modal, Jam Kerja, Lokasi, Selisih Mutlak Lokasi dengan Modal, dan Selisih Mutlak Lokasi dengan Jam Kerja terhadap Pendapatan para pedagang di Pasar Wage II Nganjuk.
References
Amirullah & Hardjanto, I. (2005). Pengantar Bisnis, Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Swasta, B. (2000). Pengantar Bisnis Modern (Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern). Jakarta: Liberty.
Bodiono. (2000). Ekonomi Mikro. Edisi Kedua, Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1.
Yogyakarta: BPFE.
Carter, W. K. & Usry, M. F. (2006). Akuntansi Biaya, Edisi Ketigabelas, Buku I. Jakarta: Salemba
Empat.
Fair, C. (2007). Prinsip-Prinsip Ekonomi, Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Chaniago. (2002). Strategi Memajukan Usaha Kecil Dan Menengah. Jakarta: Pustaka Sjahrial, D. (2009). Manajemen Keuangan, Edisi 3. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 8. Semarang:
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Heizer, J. & Render, B. (2015). Manajemen Operasi. Manajemen Keberlangsungan dan Rantai
Pasokan, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
Jaya, A. H. M. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di
Sekitar Pantai Losari Kota Makassar. Makassar: Jurusan Ilmu Ekonomi Feb Unhas.
Komaruddin. (2006). Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, P. (2002). Manjemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT. Prenhallindo. Ma'ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Muhson, A. (2012). Modul Pelatihan SPSS. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyadi, S. (2003). Ekonomi Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Keempat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani, S. N. & Mahfudz. A. & Permana, L. (2009). Ekonomi 1 untuk Sekolah Menengah
Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Nugraha, L. A. (2011). Pengaruh Modal Usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurfiana, I. W. (2018). Analisis Pengaruh Modal, Jam Kerja dan Lokasi Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Mranggen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang, Tahun 2018.
Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 53/M-DAG/PER/12/2008 tentang Penataan
dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.
Priyandika, A. N. (2015). Analisis Pengaruh Jarak, Lama Usaha, Modal Dan Jam Kerja Terhadap
Pendapatan Pedagang Kaki Lima Konveksi (Studi Kasus Di Kelurahan Purwodinatan
Kota Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.
Priyatno, D. (2013). Mandiri belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Ridwan, A. (2009). Keterkaitan Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Masyarakat.
Riyanto, B. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Ke 4. Yogyakarta: BPPE.
Sugiono, (2004). Konsep, Identifikasi, Alat Analisis dan Masalah Penggunaan Variabel Moderator.
Diunduh 12/08/2016 dari http://ejournal.undip.ac.id/ index.php/smo. Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Dan R & D. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami.
Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sundari. (2017). Pengaruh Lokasi Usaha dan Jam Kerja Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang
Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan
Lampung, Tahun 2017.
Suprapti, E. (2017). Pengaruh Umur, Modal, Jam Kerja dan Pendidikan Terhadap Pendapatan
Pedagang Perempuan Pasar Barongan Bantul. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume
, Nomor 2, Tahun 2018.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Todaro, M. P. & Smith, S. C. (2006). Pembangunan Ekonomi Jilid Satu. Edisi Kesembilan
Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 77 Ayat 1 tentang Waktu Kerja.
Wiyono, G., (2011). Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS-17.0 dan SmartPLS-
0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.
Wahyono, B. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar
Bantul Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 6, Nomor 4, Tahun