KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Main Article Content

Mustafidah Mahardhika
Dyan Arintowati

Abstract

After the Covid-19 pandemic ends, business competition is predicted to be very fierce. Business and industries are required to be able to implement marketing strategies so that consumers decide to buy products, both goods and services they sell. Some marketing strategies that can be used to make consumers decide to buy are by offering quality products, quality services, and determining the right pricing strategy.


The purpose of this research is to determine the effect of product quality, service quality, and price on consumer buying decisions at BCA Cellular in Loceret District. This type of research is quantitative research. Data collection techniques by conducting interviews, documentation, and questionnaires. For data analysis using multiple linear regression analysis.


Based on the results of the research data analysis, there are several results. The first result states that partially the price influences consumer buying decisions at BCA Cellular in Loceret District. The second result states that product quality and service quality do not influence consumer buying decisions at BCA Cellular in Loceret District. The third result states that product quality, service quality, and price simultaneously influence consumer buying decisions at BCA Cellular in Loceret District.

Article Details

How to Cite
Mahardhika, M. . ., & Arintowati , D. . (2020). KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1), 218–225. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/252
Section
Articles

References

Anggraeni dkk., 2016. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisni Vol. 37, No. 31.

Faroh, WN. 2017. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pemasaran Online pada Jejaring Sosial Facebook “Perawatan Wajah”. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang Vol. 4, No. 2.

Gofur, Abdul. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol. 4, No.1.

Irawan, Deny dan Edwin Japarianto. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Restoran POR KEE Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2.

Joshua, Davin dan Metta Padmalia. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, Volume 5, Nomor 1.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kristian, Denny dan Rita Widayanti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Vol. 16, No. 1.

Nilasari, Eswika dan Istiatin. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Vol. 13, No. 1.

Priyatno, Dwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Puung, FK. dkk., 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di Salon dan Spa. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi Volume 4, Nomor 2.

Rachmawati, AR. 2020. Pandemi Usai, Persaingan Bisnis Diprediksi Semakin Sengit, diakses dari https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01588395/pandemi-usai-persaingan-bisnis-diprediksi-semakin-sengit

Satria, AA., 2017. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 1.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi 7. Jakarta: PT Indeks.

Sugianto, Danang. 2017. Inspirasi Bisnis: Counter HP dan Pulsa, Ranah Usaha yang Tak Pernah Padam, diakses dari https://economy.okezone.com/read/2017/02/03/320/1609195/inspirasi-bisnis-counter-hp-dan-pulsa-ranah-usaha-yang-tak-pernah-padam

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tempo.co. 2020. Strategi Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19, diakses dari https://inforial.tempo.co/info/1002932/strategi-mempertahankan-bisnis-di-tengah-pandemi-covid-19

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi OFFSET.

Utami, Ida AIS. dan I Made Jatra. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. E-jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 7.