KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI BERDASARKAN PENGARUH DARI CITRA KOPERASI DAN KUALITAS PELAYANAN

Main Article Content

Mustafidah Mahardhika
Dyan Arintowati

Abstract

The purpose of this research is to determine if any or not the influence of cooperative image and service quality toward cooperative members satisfaction. This research method adopts a quantitative research method. Data collection techniques by interviewing, documenting, and providing questionnaires to cooperative members. Data analysis uses multiple linear regression analysis. This research provides a result that cooperative image and service quality partially affect cooperative members satisfaction. The results also show that cooperative image and service quality have a simultaneous effect on cooperative members satisfaction. The cooperative image has the greatest influence on the cooperative members satisfaction. It is so important to maintain the cooperative image remain positive, so that members feel satisfied. Maintaining the cooperative image is the same as maintaining the loyalty of members to entrust their every economic need to the cooperative.

Article Details

How to Cite
Mahardhika, M., & Arintowati, D. (2022). KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI BERDASARKAN PENGARUH DARI CITRA KOPERASI DAN KUALITAS PELAYANAN. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 7(1), 957–965. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2434
Section
Articles

References

Widyaningrum, Setiawan A, Saifullah A, Bethagustav S. Statistik Koperasi Simpan Pinjam 2019. Sugiyarto T, Sundari I, editors. Badan Pusat Statistik; 2020.

Widyaningrum, Setiawan A, Saifullah A, Bethagustav S. Statistik Koperasi Simpan Pinjam 2020. Sugiyarto T, Sundari I, editors. Badan Pusat Statistik; 2021.

Abdi H. Koperasi Simpan Pinjam ialah Koperasi yang Melayani Penyimpanan dan Peminjaman [Internet]. 2021 [cited 2021 Jan 28]. Available from: https://hot.liputan6.com/read/4706402/koperasi-simpan-pinjam-adalah-koperasi-yang-melayani-penyimpanan-dan-peminjaman

al Hikam HA. Daripada Pinjol Ilegal, Mending ke Koperasi Simpan Pinjam [Internet]. 2021 [cited 2021 Jan 28]. Available from: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5826075/daripada-pinjol-ilegal-mending-ke-koperasi-simpan-pinjam?_ga=2.128987083.632688551.1643359996-796902104.1643359995

Hartadi N, Husda NE. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Tanjung Ucang di Kota Batam. Jurnal EMBA. 2020;08(03):34–43.

Anggraeni DP, Kumadji S, Suanrti. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 2016;37(01).

Wibowo I. Kasus Investasi Bodong Bikin Citra Koperasi Buruk [Internet]. 2020 [cited 2022 Jan 31]. Available from: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/5b2Xx82K-kasus-investasi-bodong-bikin-citra-koperasi-buruk

Safitri E, Rahayu M, Indrawati NK. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Service Center (Studi pada Pelanggan Samsung Service Center di Kota Malang). Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 21. 2016;(01).

Fatwa RY, Wahyuni S, Djaja S. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Waroeng Biru Daun di Kabupaten Situbondo). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. 2018;13(2).

Tjokrowibowo L. Analisis Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Rangka Membangun Minat Transaksi Ulang (Studi PT. Phillip Securities Indonesia Cabang Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 2013;XII.(2):149–56.

Sutrisno, Cahyono D, Qomariah N. Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan serta Citra Koperasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Anggota. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia. 2017;7(2):157–74.

Papeo A, KALANGI JAF, Punuindoong AY. Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Citra Perusahaan PT. Telkom Indonesia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. 2018;6(3).

Adria NN, Ernungtyas NF. Citra Perusahaan Traveloka terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 2020;3(1).

Sumarlin K A. Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Citra Perusahaan pada PT. Telkomsel Tbk. Kota Makassar. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan [Internet]. 2020;3(1):11–8. Available from: http://ojs.unm.ac.id/JEKPEND

Susiyanti, Asim. Pengaruh Citra Koperasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Karyawan Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita Jakarta. Jurnal Administrasi dan Manajemen [Internet]. 2017;10(2). Available from: http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/administrasimanajemen/article/view/70

Wahab W. Pengaruh Citra Koperasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru. Riau Economics and Business Reviewe. 2020;11(4).

Tigauw NL. Mengubah Citra Koperasi yang Ketinggalan Zaman [Internet]. 2019 [cited 2022 Feb 3]. Available from: https://www.antaranews.com/berita/957621/mengubah-citra-koperasi-yang-ketinggalan-zaman

Indrasari M. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press; 2019.

Mulyawan R. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Gunawan W, editor. Bandung: Unpad Press; 2016.

Sulistiyowati W. Kualitas Layanan: Teori dan Aplikasinya [Internet]. Sidoarjo; 2018. 1–182 p. Available from: https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-602-591-436-2/836

Alamry MS. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Buku Gramedia Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 2017;6(2).

Sholeha L, Djaja S, Widodo J. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di AHASS Sumberjaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 2018;12(1).

Daga R. Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Gowa: Global Research and Consulting Institute; 2017.

Maulana AS. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi. 2016;7(2).

Sudaryana A, Kardiana LW. Analisis Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi OnLine Grab di Yogyakarta. The Journal Of Business and Management [Internet]. 2021;4(1). Available from: http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/bisman/article/view/767/534

Siyoto S, Sodik MA. Dasar Metodologi Penelitian. Ayup, editor. Yogyakarta: Literasi Media Publishing; 2015.

Sekaran U, Bougie R. Metode Penelitian untuk Bisnis (Pendekatan Pengembangan Keahlian). 6th ed. Jakarta: Salemba Empat; 2019. 280 hlm.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta; 2016.

Karuniati NMW, Sugianingrat IAPW. Pengaruh Citra Koperasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Amertha Dana Lestari di Badung. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan, dan Pariwisata. 2021;1(1):394–411.

Marsollina NP, Wulandari NLAA, Wilyadewi IIDAY. Pengaruh E-Service Quality dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata. 2022;2(1):233–45.

Yosananingtyas T, Ardianto VM. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Kredit Bahtera Adi Guna (Bahana) Bandar Lampung. Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntasi. 2021;13(2):160–74.