Abstract
Abstract
The motivation of this research is the increasing number of companies engaged in seafood culinary. With the increasing number of competitors in the seafood culinary business, it can make business competition even tougher. In order to remain competitive, culinary business actors must be able to provide what consumers want, such as providing consumers with high quality, fast and responsive service, providing a very strategic location and providing high quality products. This study aims to analyze the effect of partially or simultaneously service quality, location, and product quality on customer satisfaction at Pawon Ngampon restaurant. The population in this study were all consumers of Pawon Ngampon restaurant. In this study, the sample taken was 85 respondents from an unlimited number of people. The sampling technique used is accidental sampling, that is, anyone who happens to meet the researcher at the research location. The results showed that service quality, location, and product quality had a significant partial or simultaneous effect on consumer satisfaction at Pawon Ngampon Restaurant.
Keywords: Service Quality, Location, Product Quality and Consumer Satisfaction
Abstrak
Motivasi penelitian ini adalah semakin banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang kuliner seafood. Dengan bertambahnya jumlah pesaing dalam bisnis kuliner seafood, dapat membuat persaingan bisnis semakin ketat. Agar tetap kompetitif, pelaku usaha kuliner harus mampu memberikan apa yang diinginkan konsumen, seperti memberikan konsumen kualitas pelayanan yang bermutu tinggi, cepat dan tanggap, menyediakan lokasi yang sangat strategis dan menyediakan produk yang bermutu tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial atau simultan kualitas pelayanan, lokasi, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen restoran Pawon Ngampon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen rumah makan Pawon Ngampon. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah 85 responden dari jumlah orang yang tidak terbatas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, lokasi, dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Pawon Ngampon.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Lokasi,Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen
References
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 14. Jakarta: Indeks
Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 14. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedua Belas. PT Indeks. Jakarta
Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. EdisiKetiga Belas. Erlangga
Lupiyoadi. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat
Musrid,M, Drs. (2014). Strategi Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara
Rahmawati, Drg. Menis. 2015. Edisi 004 tahun ke-1 Quantummedika
Saladin, Djaslim. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pealaksanaan dan Pengendalian. Bandung.Cv. Linda Kanrya
Samhah, H. 2016. Pengaruh Kualitas layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen OOST Kafe Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Vol 5, Nomor 12
Sari, Dinar. 2011. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen SIM CARD GSM Prabayar XL di Kota Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2017 .Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Bandung Alfabeta
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manaemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Sukmawati Rina 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa universitas Negeri Yogyakarta. Fakultas Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy.2016.Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta.Cv.Andi
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Whidya, Christina. 2010. Manajemen Ritel. Bandung: Bayu Media
Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa.Jakarta.PT Indeks.
Wijaya, Violita. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. AGORA. Vol.5, No.1.
Widodo, T. 2016. Pengaruh Brand Image, Atribut Produk, dan harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Variodi Kulon Progo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.