Abstract
Abstract
The research objectives (1) the effect of service quality variables (X1), location (X2), promotion (X3) and their partial effect on purchasing decisions (Y) at Broden Screen Printing in Jombang (2) The influence of service quality variables (X1), location (X2), promotion (X3) and their simultaneous influence on purchasing decisions (Y) at Broden Screen Printing in Jombang. Quantitative approach with causal research method. The population of all consumers who make purchases at Broden Screen Printing in Jombang. The sample used is 100 respondents. The sampling technique was non-probability sampling with the accidental sampling method. The research instrument is a questionnaire. The analysis technique uses multiple linear regression with SPSS for windows version 21 software. The results of the study (1) service quality, location and promotion partially have a positive and significant effect on purchasing decisions. (2) service quality, location and promotion simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions.
Abstrak
Tujuan penelitian (1) pengaruh variabel kualitas pelayanan (X1), lokasi (X2), promosi (X3) dan pengaruhnya secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) pada Broden Screen Printing di Jombang (2) Pengaruh variabel kualitas pelayanan (X1), lokasi (X2), promosi (X3) dan pengaruhnya secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y) pada Broden Screen Printing di Jombang. Pendekatan kuantitatif dengan metode causal research. Populasi seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Broden Screen Printing di Jombang. Sampel yang digunakan 100 responden. Teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode accidental sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda dengan software SPSS for windows versi 21. Hasil penelitian (1) kualitas pelayanan, lokasi dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) kualitas pelayanan, lokasi dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Arief, M. (2018). Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan (Edisi 1). Cetakan 1. Malang: Bayumedia Publising.
Aryandi, J., dan Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis, (Online), 1(1), 117–127. http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/download/12/12, diunduh 13 April 2021
AZ, S. M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario (Studi pada pengguna Motor Honda Vario di Kecamatan Muara Bulian). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, (Online), 18(1), 116–125. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/439, diunduh 7 April 2021
Azizah, S., dan Prasetio, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Di Instagram, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kanz Coffee & Eatery). Jurnal Manajemen dan Bisnis, (Online), 3(2), 348–359. https://doi.org/10.36555/almana.v3i2.506, diunduh 15 April 2021
Firmansyah, M. A., dan Fatihudin, D. (2017). Globalisasi Pemasaran. Cetakan 1, Yogyakarta: Deepublish. Z-library. (Online). tersedia: https://z-lib.org, diunduh 7 April 2021
Fitriah, N. L., dan Budiyanto. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Friday Kopi Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), 9(3), 1–23. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/3030/3024, diunduh 12 April 2021
Gery, M. H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen The Aliga Hotel Padang. Menara Ilmu, (Online), 12(9), 92–102. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/viewFile/961/903, diunduh 3 Juni 2021
Janah, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Dewi Hijab. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), 6(4), 1–20. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1462/1478, diunduh 13 April 2021
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14 Edition). New Jersey: Prentice Hall. (Online). tersedia: https://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/24/1/%5BPhilip_Kotler%5D_Marketing_Management_14th_Edition%28BookFi%29.pdf, diunduh 5 April 2021
Lianardi, W., dan Chandra, S. (2019). Analysis Of Service Quality, Product Completness, And Price On Purchasing Decisions At Juni Minimarket Pekanbaru. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, (Online), 4(1), 45–58. tersedia: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/article/download/453/384, diunduh 15 April 2021
Polla, F. C., Mananeke, L., dan Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, (Online), 6(4), 3068–3077. tersedia: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/21224/20933, diunduh 3 Juni 2021
Prakasa, F. H. (2020). Peran Komunitas Sablon Kaos Solo (Solo City Screen Printing) Pada Usaha sablon di Surakarta (Studi Kasus di Krea Kaos Tahun 2020). Skripsi. Dipublikasikan. Surakarta: FKIP UMS.
Ramadani, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Toko Handphone. IQTISHADequity, (Online), 1(2), 36–46. tersedia: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/iqtisad/article/viewFile/540/427, diunduh 13 April 2021
Sunyoto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Zaini, A., Qomariah, N., dan Santoso, B. (2020). Dampak Harga Produk , Promosi , Lokasi Dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, (Online), 5(1), 151–160. tersedia: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/download/3028/2332, diunduh 13 April 2021