IMPLEMENTASI MARKETING MIX UNTUK MENINGKATKAN BUYING DECISION KONSUMEN GOLDEN SWALAYAN KEDIRI

Main Article Content

Friscilla Leniensi
Basthoumi Muslih

Abstract

Abstrak


Penelitian ini terkait dengan bagaimana pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, dan pelayanan untuk meningkatkan buying decision konsumen di Golden Swalayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh produk, harga, lokasi, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Responden dalam penelitian ini adalah 30 konsumen yang menjadi pelanggan Golden Swalayan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi linier berganda dan koefisien deteminasi.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen. Hasil uji t menunnukan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,005, Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,000, Lokasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,597, Promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,422, Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,026. Hasil uji F menunnjukan diketahui bahwa nilai Ftabel 2,023 atau nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai probabilitas sebesar 0,05 (0,000<0,05) Ho ditolak, ini berarti variabel dependen yaitu produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.


 


Kata Kunci : Marketing Mix (produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan), Buying Decision.

Article Details

How to Cite
Leniensi, F., & Muslih, B. (2021). IMPLEMENTASI MARKETING MIX UNTUK MENINGKATKAN BUYING DECISION KONSUMEN GOLDEN SWALAYAN KEDIRI. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 299–305. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/683
Section
Articles

References

Adji, Pricilia. 2013. Pengaruh Ritail Mis Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UK Petra Di Circle K Siwalan Kerto Surabaya. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Wahyuni, Aniek. 2014. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket Sakinah Surabaya. Skripsi. Universitas Surabaya.

Most read articles by the same author(s)