IMPLEMENTASI MARKETING MIX UNTUK MENINGKATKAN BUYING DECISION KONSUMEN GOLDEN SWALAYAN KEDIRI

Authors

  • Friscilla Leniensi a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas Nusantara PGRI Kediri";}
  • Basthoumi Muslih

Keywords:

Marketing Mix (produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan), Buying Decision

Abstract

Abstrak

Penelitian ini terkait dengan bagaimana pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, dan pelayanan untuk meningkatkan buying decision konsumen di Golden Swalayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh produk, harga, lokasi, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Responden dalam penelitian ini adalah 30 konsumen yang menjadi pelanggan Golden Swalayan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi linier berganda dan koefisien deteminasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen. Hasil uji t menunnukan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,005, Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,000, Lokasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,597, Promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,422, Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,026. Hasil uji F menunnjukan diketahui bahwa nilai Ftabel 2,023 atau nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai probabilitas sebesar 0,05 (0,000<0,05) Ho ditolak, ini berarti variabel dependen yaitu produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : Marketing Mix (produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan), Buying Decision.

References

Adji, Pricilia. 2013. Pengaruh Ritail Mis Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UK Petra Di Circle K Siwalan Kerto Surabaya. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Wahyuni, Aniek. 2014. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket Sakinah Surabaya. Skripsi. Universitas Surabaya.

Downloads

Published

2021-09-25

How to Cite

1.
IMPLEMENTASI MARKETING MIX UNTUK MENINGKATKAN BUYING DECISION KONSUMEN GOLDEN SWALAYAN KEDIRI. SENMEA [Internet]. 2021 Sep. 25 [cited 2025 Dec. 8];6(1):299-305. Available from: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/683

Similar Articles

1-10 of 608

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)