IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA J&T CARGO GROGOL KABUPATEN KEDIRI
pdf

Keywords

Bauran Pemasaran
Jasa Ekspedisi
Keputusan Pembelian

How to Cite

Arifin, M. Z., & Soedjoko, D. K. H. (2024). IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA J&T CARGO GROGOL KABUPATEN KEDIRI. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9, 90–99. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5457

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (7P) terhadap keputusan penggunaan layanan jasa ekspedisi J&T Cargo Grogol. Riset ini menggunakan rancangan kuantitatif asosiatif kausal. Data yang digunakan dalam riset kali ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada pelanggan yang menggunakan jasa ekspedisi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria minimal 2 kali telah melakukan transaksi dan jumlah sampel ditentukan mengacu pada teori Roscoe, sehingga diperoleh sampel sebanyak 80 responden. Uji validitas dan reliabilitas membuktikan instrumen yang digunakan telah valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan dalam riset ini adalah uji regresi linier berganda. Hasil  riset kali ini menunjukkan bahwa variabel harga, produk, transportasi, lokasi, proses, orang dan bukti fisik secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan layanan jasa ekspedisi J&T Cargo Grogol. Marketing mix hanya berpengaruh sebesar 36,6% terhadap keputusan penggunaan, riset selanjutnya perlu mendalami hal ini.

pdf

References

Barcelona O, Tumbel TM, Kalangi JAF. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis 2019;8:34–42.

Hurriyati R. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta; 2015.

Kotler P, Keller KL. Manajemen Pemasaran, (12th ed.). Jakarta: Erlangga; 2016.

Yudho SKS, Agustin S. Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Dapurdep. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 2022;11;16.

Kotler P, Armstrong G. Principles of Marketing. New Delhi: Pearson; 2018.

Alma B. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta; 2016.

Khotimah K, Jalari M. Menguji Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Sukoharjo. Jurnal Manajemen 2021;7:81–94.

Tanjung I. Analysis of the Effect of Marketing Mix 7P on Purchase Decisions at Sentra Snack Stores. International Journal of Review Management, Business, and Entrepreneurship (RMBE) 2021;1:125–133.

Lupiyoadi R. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat; 2014.

Putapang, H., Samari, S., & Leksono, P. Y. (2023). Implementasi Bauran Promosi Dalam Usaha Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Belikopi Kediri. SIMPOSIUM NASIONAL MANAJEMEN DAN BISNIS (SIMANIS) dan Call for Paper, 2, 1602-1609.