ANALISIS WOM, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO RENDY
pdf

Keywords

Word of Mouth
Citra Merek
Kualitas Produk
Keputusan Pembelian

How to Cite

Novaldy, B., & Widodo, M. W. (2024). ANALISIS WOM, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO RENDY. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9, 101–110. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5454

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari Word of Mouth, Citra Merek, serta Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pelanggan di Toko Rendy, dikenal luas sebagai produsen tahu kuning di Kabupaten Kediri. Untuk keperluan penelitian ini, data dikumpulkan melalui pendekatan kuantitatif kausal, di mana kuesioner disebarkan kepada 70 responden yang dipilih menggunakan teknik multivariat. Analisis yang menggunakan metode regresi linier berganda mengungkapkan bahwa Word of Mouth dan Kualitas Produk memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Di sisi lain, tidak terdapat bukti yang menunjukkan bahwa Citra Merek memberikan dampak yang signifikan. Dari uji F yang dilakukan secara simultan, diidentifikasi bahwa Word of Mouth, Citra Merek, dan Kualitas Produk secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Toko Rendy, dengan kontribusi yang sangat penting. Temuan dari penelitian ini diharapkan mampu menyediakan insight berharga bagi pelaku industri kecil dan menengah, terutama dalam sektor makanan spesifik, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian dan untuk menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

pdf

References

Rahayu TP, Subagyo, Widodo MW. Pengaruh Aksesibilitas dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Dengan Jaminan Rasa Aman Sebagai Variabel Intervening. Senmea 2022;7:727–35.

Agusta RP, Dewi CK. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Widjie Coffee). E-Proceeding Manag 2019;6:6966.

Syihabudin A, Subagyo, Widodo moch. W. Pengaruh brand equity , kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian tas merek eiger 2022:614–21.

Shafrizal A, Pudjoprastyono H. Kualitas Produk, Citra Merek, dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. J Manag Bussines 2022;4:1121–33. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i2.5045.

Fauzi A, Rukmini, Wulandari S. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Kedaung Medan LTD. J Ilmu Manaj Dan Kewirausahaan 2020;1:1–13.

Purnama DR. Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Wakul Suroboyo. J Ilmu Dan Ris Manaj 2019;8:1–19.

Pratiwi D, Lumbanraja MMM, Junaidi R. Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Restaurant Tradisional Pekanbaru. J Bus Econ Res 2023;4:194–206. https://doi.org/10.47065/jbe.v4i2.3650.

Junaidi J. Pengaruh Citra Merek and Brand Equity Terhadap Purchase Decision Pia Di Cv. Pia Manalagi Probolinggo. Bussman J Indones J Bus Manag 2022;2:254–67. https://doi.org/10.53363/buss.v2i2.53.

Ling TS, Pratomo AW. Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. J Ilm Pariwisata Kesatuan 2020;1:31–42. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.325.

Pranata S, Lukita C. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Batik Trusmi). J Witana (JW 2023;01:10–5.

Dhea Febyana S, Herman Mulyono LE, Mujahid Dakwah M. Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik BLP Beauty (Studi Pada Mahasiswi Di Kota Mataram). J Sos Ekon Dan Hum 2023;9:68–73. https://doi.org/10.29303/jseh.v9i1.199.

Rosalinda, N. A., Subagyo, S., & Bhirawa, S. W. S. (2022, September). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA DAN ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KEDIRI. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 7, pp. 876-883).