Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui adanya pengaruh citra merek, kualitas produk dan kemasan terhadap keputusan pembelian beras pada UD Padi Desa Nganjuk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk menguji kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk menguji kemasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan untuk menguji citra merek, kualitas produk dan kemasan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal, populasi yang digunakan yaitu 310, lalu di ambil sampel dengan menggunakan rumus slovin dengan presisi 5% maka diperoleh jumlah sampel yang di butuhkan 175 responden. Hasil penelitian dari perhitungan bahwa variabel Citra Merek, Kualitas produk, dan Kemasan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian UD Padi Desa Nganjuk. Perhitungan statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya Citra Merek, Kualitas Produk dan Kemasan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian
References
T. Riski Purwanti and R. Rushadiyati, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Image Terhadap Minat Beli Brand Secondate,” J. Adm. dan Manaj., vol. 12, no. 4, 2022, doi: 10.52643/jam.v12i4.2686.
D. Ernawati, “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung,” JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.20527/jwm.v7i1.173.
N. Hidayat, M. Hubeis, A. Sukmawati, and E. Eriyatno, “Model Pengelolaan Sumberdaya Manusia Berbasis Kompetensi Era Industri 4.0,” J. Apl. Bisnis dan Manaj., 2020, doi: 10.17358/jabm.6.3.501.
D. J. Priansa, Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta, 2017.
M. Alkindi, “Pengaruh Citra Merek Beras CML Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Sinar Rambah, Rohul,” pp. 1–102, 2022, [Online]. Available: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/16636%0Ahttps://repository.uir.ac.id/16636/1/185210310.pdf
S. Lestari and S. S. Noersanti, “Price Effect of Product Quality, Promotion and Brand Image on The Purchase Decision of Kingkong Brand Rice (Study of PT. Lumbung Bumi Perkasa Cipinang),” Indones. Coll. Econ., 2020.
S. Asriah Immawati, “Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan terhadap Kesadaran Merek Dan Dampaknya pada Minat Beli Ulang Teh Botol Sosro pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang,” Pros. Semin. Nas. Unimus, vol. 1, no. 5, 2018.
D. Darmawan, “Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan,” J. Agrimas, vol. 1, no. 1, 2017.
P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. 2019.
Kotler dan Keller, Marketing Manajemen, 14th ed. harlow pearson, 2019.