The PENGARUH CITRA MEREK CELEBRITY ENDORSER DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT
pdf

Keywords

Citra Merek, Celebrity Endorser, Promosi, Keputusan Pembelian.

How to Cite

muhibbin, ahmad manarul, & Bhirawa, S. W. S. (2024). The PENGARUH CITRA MEREK CELEBRITY ENDORSER DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT: PENGARUH CITRA MEREK CELEBRITY ENDORSER DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9, 165–176. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, pengaruh celebrity endorser dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Scarlett whitening. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal, pendekatan kuantitatif kausal merupakan pendekatan yang mencari hubungan antar variabel dengan variabel lain yang memiliki sebab akibat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda.  Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 40 responden yang diambil dari mahasiswa aktif manajemen UNP Kediri tahun 2024 menggunakan SPSS Statistics25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,003 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Variabel Celebrity endorser diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Variabel Promosi diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,003 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Hasil perhitungan statistics uji f menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh nilai koefisien korelasi (R) Square sebesar 0,357, dengan demikian menunjukan bahwa Citra Merek, Celebrity endorser dan Promosi dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 35,7% dan sisanya 64,3% dijelaskan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Citra Merek berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian produk Scarlett whitening. Celebrity endorser berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian produk Scarlett whitening. Promosi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembeli produk Scarlett whitening. Dan Citra Merek, Celebrity endorser dan Promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian.

pdf

References

PEREKONOMIAN KKB, INDONESIA R. Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy 2024. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5626/hasilkan-produk-berdaya-saing-global-industri-kosmetik-nasional-mampu-tembus-pasar-ekspor-dan-turut-mendukung-penguatan-blue-economy (accessed February 3, 2024).

Priansa DJ. Komunikasi Pemasaran Terpadu pada era media sosial. Bandung CV Pustaka Setia 2017;358.

Syafitri A, Sari ER, Sanjaya VF. Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung). Al-Multazim J Manaj Bisnis Syariah 2021;1:25–38.

Widyaningrum PW. Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo). J Ekon Syariah Indones 2016;4:83–98.

Santi R, Hutagaol R, Safrin FA, Utara US, Utara S, Image B. PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SCARLETT 2022;1:761–72.

Laksana F. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Khalifah Mediat 2019.

Farida F, Wiryani EA. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Serum Scarlett Whitening. Manag Account Expo 2023;6:10–9. https://doi.org/10.36441/mae.v6i1.1153.

Tjiptono F. Strategi pemasaran edisi 3. Yogyakarta Andi Offset 2015.

Adnyana IMDM. Populasi dan Sampel. Metod Penelit Pendekatan Kuantitatif 2021;14:103–16.

Sugiyono S. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung Alf 2016:1–11.

Arikunto S. Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2017;53.