Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi SWOT dalam upaya meningkatkan penjualan beras organik di Desa Pagung Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer penelitian ini adalah informasi yang bersumber dari hasil wawancara dengan informan (ketua, sekretaris, bendahara, penggerak organisasi dan salah satu konsumen). Teknik analisis penelitian ini menggunakan metode reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasilnya, UD beras organik Sekar Putih berada pada situasi yang sangat menguntungkan dan berada pada kuadran 1 (strategi agresif). Disarankan, UD beras organik Sekar Putih sebaiknya melakukan strategi alternatif SO (strength-opportunity) dengan cara memaksimalkan penjualan produk dengan mengusung tema hidup sehat, memaksimalkan peralatan produksi untuk menjaga ketersediaan produk, menjalin hubungan sosial yang baik kepada setiap pemangku kepentingan, memaksimalkan penggunaan berbagai media sosial untuk memperkenalkan produk dan bermitra dengan platform e-commerce. Sehingga, dapat meningkatkan volume penjualan produknya.
References
Syavitra T. Indonesia Bisnis Outlook 2021. Kumparan 2020. https://kumparan.com/tomi-syavitra-1609123484720909411/indonesia-bisnis-outlook-2021-1urnlWf4Smp (accessed May 28, 2021).
Meilina R, Sardanto R. Dampak Perubahan Lingkungan Kerja Non Fisik Masa Pandemi Covid-19 Bagi Karyawan Toserba Barokah Kota Kediri. PENATARAN J Penelit Manaj Terap 2020;5:46–56.
Arum CD, Hakimah EN. Peranan Bauran Promosi Dalam Usaha Meningkatkan Penjualan pada Kerajinan Tenun Ikat (ATBM) Cap Medali Mas Kediri. Semin. Nas. Manaj. Ekon. Akunt., Kediri: Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri; 2016.
Sedarmayanti. Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama; 2014.
Suryatama E. Lebih Memahami Analisis SWOT. Surabaya: Kata Pena; 2014.
Cahyono P. Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan dan Kematian Pada PT. Prudential Cabang Lamongan. JPIM J Penelit Ilmu Manaj 2016;1:129–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v1i2.28.
Dwiastuty ARN, Sadeli AH, Fatimah S, Syamsiyah N. Strategi Pemasaran Beras Organik di Gapoktan Simpatik Tasikmalaya. J Manaj Agribisnis 2020;8:1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JMA.2020.v08.i01.p01.
Anggraini MD, Muhtarom A, Safaatillah N. Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT dalam Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan Pada UD. Yoga Putra Bangkit Sambeng Lamongan. JPIM J Penelit Ilmu Manaj 2019;4:963–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v4i2.253.
Rangkuti F. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2016.
Fahmi I. Manajemen Strategis. Bandung: CV Alfabeta; 2015.
Susanto R. Personal Selling Sebagai ”Ujung Tombak” Penjualan Produk Asuransi. JPW J Pengemb Wiraswasta 2018;20:23–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i1.173.