Analisis Kombinasi Metode ABC dan Safety Stock Pada Pengendalian Persediaan Produk Beras Poles Di UD Shandy Putra Nganjuk
pdf

Keywords

Metode ABC, persediaan, safety stock

How to Cite

Ariyanti, L. (2024). Analisis Kombinasi Metode ABC dan Safety Stock Pada Pengendalian Persediaan Produk Beras Poles Di UD Shandy Putra Nganjuk. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5391

Abstract

Penelitian saat ini dilakukan dengan tujuan untuk mengelompokan pengendalian persediaan beras dengan metode analisis ABC yang ada di UD. Shandy Putra Nganjuk serta menentukan pengendalian persediaan produk beras yang mereka miliki menggunakan analisis safety stock. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dimana data-data penelitian yang dianalisis berupa data-data angka yang akan dikaji dan diolah untuk menghasilkan kesimpulan penelitian. Penelitian dilakukan terhadap UD. Shandy Putra Nganjuk yang merupakan badan usaha yang bergerak di bidang perdagangan dengan komoditas dagang produk beras poles. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengelompokan barang dagang menggunakan analisis ABC diketahui produk beras yang dimiliki UD. Shandy Putra Nganjuk yang termasuk kelompok A adalah 66%, kelompok B 21% dan kelompok C adalah 13%. Sedangkan berdasarkan penentuan safety stock produk beras UD. Shandy Putra Ngajuk pada kelompok A aman ketika persediaan tersisa di gudang sebanyak 108 karung, kelompok B 49 karung dan kelompok C 133 karung. Ketika masing-masing kelompok produk telah menunjukkan jumlah tersebut maka UD. Shandy Putra Nganjuk harus sudah melakukan pembelian ulang

pdf

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.

Badan Pusat Statistik Nasional. 2024. Jumlah Perusahaan Industri Skala Mikro dan Kecil Menurut Provinsi (Unit). https://www.bps.go.id/. Diakses pada 21 April 2024.

Guslan, D., & Saputra, I. (2020). Analisis Pengendalian Inventori Dengan Klasifikasi ABC dan EOQ Pada PT Nissan Motor Distributor Indonesia. 10(1), 73–77.

Martono, R., V. 2018. Manajemen Operasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Empat.

Purnomo, H., & Riani, L., P. 2019. Optimasi Pengendalian Persediaan. Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rusdiana, A., & Irfan, M. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Banding: Pustaka Setia.

Stevenson, W., J., & Chuong, C., S. 2014. Operasional Management an Asia Perpective. Terjemahan Oleh Dian Angelica, David Wijaya, dan Hirson Kurnia. Edisi 9. Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Sudirman, Kondolayuk, M., L., Cahaya, I., M., A., ... 2020. Metodologi Penelitian 1. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, E., & Nurdewanti, R. 2022. Pengendalian Persediaan bahan baku dengan Metode Activity Based Costing (ABC) dan Economic Oerde Quantity (EOQ) di CV. XYZ. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Vil. 7 (1). p: 211-219.

Wicaksana, A., B., Syukron, M., A., & Febrianti, M., A. 2020. Manajemen Persediaan dengan Metode ABC , Hierarchical Clustering , dan EOQ Untuk Menentukan Reorder Point. OPSI – Jurnal Optimasi Sistem Industri. 13(2). p:100-105.