ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PT. SINERGI DISTRIBUSI UTAMA TAHUN 2018

Main Article Content

Dita Natalia Sari
Erna Puspita

Abstract

Dalam sebuah perusahaan, baik industri maupun perdagangan, persediaan merupakan aktiva lancar yang


harus terjaga kualitas dan kuantitasnya. Tanpa adanya persediaan maka perusahaan dihadapkan pada suatu risiko tidak dapat memenuhi permintaan pelanggannya. Oleh karena itu, perusahaan senantiasa memberikan perhatian yang besar terhadap persediaan agar terhindar dari kerusakan maupun pencurian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal atas persediaan barang dagang pada PT. Sinergi Distribusi Utama.


Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif, berupa penjabaran sesuai fakta di lapangan dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi literatur. Analisis data dilakukan dengan cara menganalisis unsur-unsur pengendalian internal yang dilaksanakan oleh perusahaan, apakah telah sesuai dengan teori yang ada. Pengecekan validitas data dalam penelitian ini melalui triangulasi sumber, metode, dan teori.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengendalian internal persediaan barang dagang pada PT. Sinergi Distribusi Utama masih kurang efektif, meskipun sistem yang  dipakai sudah baik.   Hal tersebut dibuktikan dengan  masih  lemahnya  penerapan Standar Operasional Perusahaan (SOP)  di  perusahaan, yang menyebabkan adanya perangkapan tugas, khususnya pada divisi gudang, kemudian belum adany a petugas khusus stock opname dan audit, serta belum adanya perangkat pengawasan (CCTV) di gudang. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memberikan saran kepada perusahaan agar merumuskan kembali SOP, menambahkan karyawan pada divisi gudang, dan juga menambah perangkat pengawasan (CCTV) yang dapat mengawasi setiap kegiatan yang ada di gudang.


 

Article Details

How to Cite
Sari, D. N. ., & Puspita, E. . (2018). ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PT. SINERGI DISTRIBUSI UTAMA TAHUN 2018 . Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 3(1), 14–22. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/557
Section
Articles

References

Husni, H.S. 2010. Evaluasi Pengendalian

Sistem Informasi Penjualan. Jakarta. Kieso, D.E., J.J. Weygandt., & T D. Warfield. 2011. Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Krismiaji. 2015.Sistem Informasi Akuntansi.Edisi keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mardi. 2014. Sistem Informasi Akuntansi . Bogor: Ghalia Indonesia

Mulyadi. 2017. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Rudianto. 2009. Pengantar akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Romney, M.B. Dan Steinbart. 2017.Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Wirawan. 2012. Evaluasi Kinerja Sumberdaya Manusia, Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Most read articles by the same author(s)