IMPLEMENTASI SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS GUNA TERCIPTANYA KEUNGGULAN KOMPETITIF PRODUK PADA BARELO CAFE NGANJUK

Main Article Content

Aprilia Dwi Lestari
Rino Sardanto

Abstract

Abstract


This research is based on observations that in the face of competition in the business world, business actors must develop their business. In Indonesia, business development, especially cafes, is growing, as can be seen from the existence of cafes in big and small cities. Facing this situation, business actors must be more careful in analyzing the available opportunities and prepare themselves to face the threats that will come. The focus of the research in this study are: (1) How to create a strategy using the SWOT Matrix at Barelo cafe? (2) How to determine competitive strategy using Business Model Canvas on Barelo cafe? To analyze the reality that happened, the researcher used the SWOT theory from Rangkuti and the Business Model Canvas from Osterwalder and Pigneur. Researchers use descriptive qualitative research methods by looking at the phenomena that occur. Methods of data collection in this study using observation, interviews, and documentation. The results show that Barelo Cafe has implemented SWOT and Business Model Canvas but does not yet have a perfect business model approach. In addition, there is a new strategy change in the SWOT analysis to identify strengths, weaknesses, opportunities, and threats and a better Business Model Canvas to create competitive advantages through SWOT and BMC approaches. The changes are in block customer segments, customer relationships, revenue steams, key resources, and cost structures.


Keywords: SWOT, Business Model Canvas, and Competitive Advantage


 


Abstrak

Penelitian ini berdasarkan pengamatan peneliti dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis, para pelaku usaha harus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya. Di Indonesia perkembangan bisnis khususnya usaha cafe semakin berkembang, terlihat dari keberadaan cafe di kota-kota besar maupun kecil. Menghadapi situasi ini, pelaku usaha haru lebih hati-hati dalam menganalisis peluang yang tersedia dan mempersiapkan diri dalam menghadapi ancaman dimasa yang akan datang. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penentuan Strategi menggunakan Matriks SWOT pada Barelo cafe? (2) Bagaimana cara menentukan strategi bersaing menggunakan Business Model Canvas pada Barelo cafe? Untuk menganalisa realitas yang terjadi peneliti menggunakan teori SWOT dari rangkuti dan Business Model Canvas dari Osterwalder dan Pigneur. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melihat fenomena yang terjadi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Barelo Cafe sudah menerapkan SWOT dan Business Model Canvas namun belum memiliki pendekatan model bisnis yang sempurna. Selain itu terdapat perubahan strategi baru pada analisis SWOT guna mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dan Business Model Canvas agar lebih baik untuk menciptakan keunggulan kompetitif melalui pendekatan SWOT dan BMC. Perubahan tersebut berada pada blok customer segment, customer relationship, revenue stream, key resources, dan cost structure.


Kata Kunci : SWOT, Business Model Canvas, dan Keunggulan Kompetitif

Article Details

How to Cite
Lestari, A. D., & Sardanto, R. . (2021). IMPLEMENTASI SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS GUNA TERCIPTANYA KEUNGGULAN KOMPETITIF PRODUK PADA BARELO CAFE NGANJUK. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 880–892. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/782
Section
Articles

References

Afsari, A., & Rachmawati, E. (2019). TINJAUAN TENTANG PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA KING CAFE). Ekonomi Manajemen Perbankan, 1(2), 109–119.

aminy, M. H. (2018). ANALISIS SWOT D’VUL RERSTAURANT AND CAFE DI LOMBOK INTERNATIONAL AIRPORT DALAM UPAYA MENDUKUNG PENGHARGAANWORLD’S BEST HALAL HONEYMOON DESTINATION AND WORLD’S BEST HALAL TOURISM DESTINATION. Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 125–139.

Anggraeni, nindy novianti, & wibowo, rudi. (2020). ANALISIS PENGEMBANGAN KOMBUCHA CASCARA PADA UD. MATT COFFEE DENGAN PENDEKATAN TRIPLE LAYERED BUSINESS MODEL CANVAS. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(1), 19–31.

Christanti, Y., Umar, A., Sasongko, A. H., & Widyastuti, I. T. (2017). Business Model Sebagai Strategi Bersaing Untuk Pelaku Bisnis Pemula Studi Kasus Bisnis Hijab. Buletin Bisnis & Manajemen, 03(01), 1.

Creswell. (2016). pendekatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran (keempat). Pustaka belajar.

Fahmi, irham. (2017). Manajemen strategis teori dan aplikasi ( muklis yunus (ed.); 4th ed.). alfabeta.

Fatimah, D. F. N. (2020). Teknik Analisis SWOT Pedoman Menyusun Strategi Yang Efektif & Efisien Serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman (1st ed.). Anak Hebat Indonesia.

Moleong. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.

Moleong. (2017). metode penelitian kualitatif (cetakan ke). PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muis, A. R. (2019). Sustainable Competitive Advantage Ekonomi Kreatif Indonesia Dalam Dinamika Perdagangan Internasional (1st ed.). CV Budi Utama.

Royan, F. (2014). BISNIS MODEL CANVAS DISTRIBUTOR Memetakan Kinerja Optimal Distributor dan 30 Kesalahan yang Dilakukan (1st ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Salim, M. A., & Siswanto, A. b. (2019). Analisis SWOT Dengan Metode Kuesioner (1st ed.). Cv. Pilar Nusantara.

Sultan, R., & Hasbi, I. (2018). ANALISIS BISNIS MODEL KANVAS PADA KADATUAN KOFFIE BANDUNG. MANAJEMEN DAN BISNIS (ALMANA), 2(2), 116–123.

Tjiptono, F. (2019). Analisis pengembangan business model canvas dalam upaya meningkatkan keunggulan bersaing pt. xyz. Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 90–95.

Trenggono, B., Daryanto, A., & Sanim, M. (2018). Model Bisnis dan Strategi Pengembangan Usaha Pada The Coffee Bean dan Tea Leaf (TCBTL). Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 398–408. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.17358/jabm.4.3.398

Wijaya, G. A. (2017). ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PERSAINGAN CAFÉ DI KOTA MALANG.

Most read articles by the same author(s)