STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK TETUKO DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)
pdf

Keywords

Strategi Pengembangan, Business Model Canvas , Usaha Batik

How to Cite

Adelia Wirawan. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK TETUKO DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5428

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya industri batik di Indonesia karena meningkatnya permintaan pelanggan, tetapi juga menghadapi tantangan seperti produktivitas, inovasi, dan persaingan. Dalam menghadapi persaingan, Batik tetuko harus menciptakan model bisnis yang sesuai dan sukses dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang yaitu Pemilik Batik Tetuko dan 3 karyawan Batik Tetuko yang dipilih dengan berbagai pertimbangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Business Model Canvas pada usaha Batik Tetuko meliputi 9 blok bangunan Business Model Canvas yaitu Customer segmentss, Value propositionss, Channels, Customer relationships, Revenue streams, Key resources, Key activities, Key partnerships, dan Cost structures. Akan tetapi, beberapa blok bangunan dalam model bisnis seperti Customer segments, Value propositions, Channels, dan Revenue streams masih perlu dilakukan perbaikan. Selain itu, strategi yang diterapkan Batik Tetuko sudah efektif, namun perlu diperbaiki dengan menyempurnakan model bisnisnya seperti mulai menggunakan E-commerce dan memperluas segmen pelanggannya.

pdf

References

Ramadani NY. STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA LAMPUNG POST DI BANDAR LAMPUNG. 2019.

Saputro BP. STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECILDENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konveksi Sablon Razz Apparel Di Bandar Lampung). 2021.

Aminah S. MANAJEMEN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta). 2022.

Ardiningrum A, Buana U, Karawang P, Yani D. STRATEGI PENGEMBANGAN PADA PELAKU USAHA LAUDRY (GRIYA LAUNDRY KARAWANG). Bisnis Dan Akuntansi 2023;2:220–6. https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.969.

Prahistiningrum G. ANALISA PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA JASA CANDYA ORGANIZER DI KABUPATEN JEMBER 2022.

Aryasuta Y, Putra BC. PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKANPENJUALAN PERALATAN BELADIRI PADA TOKO DANIS. Jurnal IDEALIS 2020;3:49–55.

Nurrohman AF. PENERAPAN MODEL BISNIS CANVAS PADA PERUSAHAAN JASA WEDDING ORGANIZER. 2019.

Osterwalder dan Pigneur. Business Model Generation. Alilih Bahasa Oleh Natalia Ruth Sihandrini, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo; 2014.

Awaludin A. ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) STUDI KASUS PADA USAHA INLAND COFFEE PROGRAM STUDI MANAJEMEN. 2022.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Bandung : Alfabeta; 2018.