Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji peubah dependen Business Longevity pelaku usaha mikro dipengaruhi tiga variabel bebas a nilai- nilai sikap, efikasi diri dan Cognitive Dissonance dengan variabel pemoderasi Islamic Spiritual values. Disain riset menggunakan riset kuantitatif survey. Teknik pengambilan sampel responden dilakukan secara purposive sampling masyarakat sebagai responden merupakan pelaku usaha mikro di wilayah Klaten sejumlah 110 responden. Melalui uji model Stuctural Equation peneliti menguji hubungan antar variabel dalam model secara simultan. Uji Model meliputi uji deskripsi responden dan deskripsi variabel, uji kesahihan butir, uji keandalan butir, uji regresi dan uji pemoderasi secara simultan dengan menggunakan alat bantu perangkat lunak AMOS. Hasil uji membuktikan terdapat pengaruh langsung nilai- nilai sikap, efikasi diri dan Cognitive Dissonance terhadap Business Longevity . Uji pemoderasi variabel Islamic Spiritual value mampu memperkuat tiga variabel bebas terhadap variabel dependen. Implikasi manajerial melalui terbuktinya model diperlukan strategi bagi pamangku kepentingan untuk menyusun upaya agar semakin meningkat etos Islamic spiritual value. Temuan riset, wilayah Kabupaten Klaten memiliki kadar religiusitas tinggi dengan istilah lain Islamic spiritual values mampu berperan sebagai variabel pemoderasi.
References
Abdullah S, Sahad M. (2016). Intergrated marketing communication: a spiritual and an ethical Islamic perspective. International Journal of Islamic Marketing and Branding 1 (4):305- 326
Ahmad, M.F (2015) Antecedents of halal brands Personality. Journal of Islamic Marketing, 6 (2). 209-223
Ahmad, S., Omar,R. & Quoquab, F.( 2019). Corporate Sustainable Longevity: Scale Development and Validation. SAGE Open, 9 (1)
Akmalia, Z., Jono, M.M & Ma’mun, S (2022). Factors Affecting the Decision Using Theory of Planned Behavior( case study Election of the 2019 President). Jurnal Indonesia Sosial sains, 3 (8) 1136-1148
Amrozi, S.R. (2021) Keberagaman Orang Jawa dalam Pandangan Clifford Geertz dan Mark R Woodward. Fenomena. Vol 20 (1) : 45-58
Anderson, B.R.O.G (2003) Mitologi dan Toleransi Orang Jawa. Yogyakarta: Bentang Budaya
Astri, W., & Latifah (2017) Pengaruh Personal Attibutes, adversity Quotient dengan Mediasi Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal. 6 (3), 737-751
Ajzen. I. (2008). Attitude and attitude Change, Chicago; Psycology Press WD Crano eds
Al-Bukhari,(1987). Kitab Nafaqat, Kutubu Sittah, Riyadh: Maktabah Darul Salam
Anisah. Djumahir. (2018). Peran budaya Banjar dalam meningkatkan kinerja dan keunggulan bersaing melalui kewirausahaan Islami dan strategi: studi pada industri kecil menengah batu mulia di Martapura Kalimantan Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 2 (1): 18-35
Cabtree. S. (2013). Religiosity Highest in World’s Poorest Nations. Gallup World
Chrismardani, Y (2016). Theory of Planned Behavior Sebagai Prediktor Intensi Berwirausaha. Kompetensi 10 (1) 90-103
Cruz, L.da, Suprapti, N.W.S & Yasa, N.N.K (2015) Aplikasi Theory of Planned Behaviordalam Membangkitkan Niat Berwirausaha bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpaz Dili Timor Leste. E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 4 (12) 895-920
Detik (2020). 50.000 UKM di Klaten Mulai Limbung teribas Corona. Beria Ekonomi Bisnis.publikasi 14 April 2020
Fadli, K. (2010). Peranan pendakwah dalam pembangunan Ekonomi Mayarakat Medan di Indonesia. Program Pengkajian Islam. Akademi pengkajian Islam Universiti malaya, halamam 178
Ferdinand, A.(2014) Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen (5th ed) badan penerbit Undip- Undip Press
Hastin. Anisah. (2012). Penerapan nilai-nilai kewirausahaan Islami dalam meningkatkan keunggulan bersaing UMKM .Eco-Enterepreneurship Seminar & Call for Paper, FE Universitas Negeri Semarang
Huber, S., & Huber, O. (2012) The centrality of Religiosity Scale (CRS). Religion, 3, 710-724
Nugroho A.J. (2020). Is social entrepreneurship learning for students based on spiritual experiences still relevant?. Journal of Education and Practice Vol 11(11):19-22
Nugroho A.J. (2015). Pengembangan model budaya wirausaha berbasis akulturasi nilai-nilai sosio religiusitas. [Laporan Penelitian].Perpustakaan Univ Widya Dharma: Klaten
Kasali R. (2012). Cracking entrepreneurs inilah para Crackers lokal yang tak ada matinya. Jakarta: Gramedia
Machmud A. (2020). Characteristics of Islamic entrepreneurship and the business succes of SMEs in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education Vol 23 (2): 1-16
Machmud A, Ahman E. (2018). Effect of entrepreneur psychological capital and human resources on perfomance of catering industry in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education 22 (1): 1-7
Metin, I., & Camgoz, S. (2011). The Advances in the History of Cognitive Dissonance Theory. International Journal of Humanities and Social 1(6): 131-136
Mulder, Niels. (1992) Sinkretisme Agama atau Agama Asia Tenggara. Basis Agustus halaman 285
Pratopo, P., Erdawati, L., Atikah, A., Gunawan, Y.M. (2021). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pelaku UMKM di Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 2(2): 163-176
Razak, K.A. (2017). Islamic Entrepreneurship Model. International Muammalat and Entrepreneurship Confrence, 1-22
Rezai, G., & Mohammed, Z. (2012) Assesment of Consumer Confidence on Halal Labelled Manufactured Food in Malaysia. Pertanika Journal of Social Science and Humanities, 19 (2), 32-42
Samdin. (2018). Pemahaman modal dalam praktik dagang masyarakat Muslim Gu-lakudo di Sulawesi Tenggara. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 6 ( 3): 391-495
Sandy,N.M.C.P.A., Setiobudi, A., Teofilus (2022) Cognitive Dissonance, Business Longevity and Spiritual Values of Business in Bali Post-Pandemic. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol 10 (2) : 119-125
Supariadi. (2017) Dinamika Kehidupan Religius era Kasunan Surakarta. Jakarta: Litbangdiklat press Kementrian agama RI
Sutiyono.(2011).Tradisi Masyarakat Sebagai Kekuatan Sinkretisme di Trucuk Klaten. Jurnal Penelitian Humaniora. Vol 16 (1): 45-59
Sweeney, J.C., Hausknecht, D., & Soutar, G.N (2000) Cognitive dissonance after Purchase:A Multidimensional Scale. Psychology & Marketing, 17(5). 369-385
Yazilmiwati Y, Azmi. (2012). Enterpreneur’s social responsibilities from Islamic perspective: A study of Muslim enterpreneurs in Malaysia. Journal of Global Strategic Management, Vol 3 (2) :5-13