Abstract
Pemerintah merupakan lembaga penting yang bertanggung jawab mengawasi dan menyelenggarakan seluruh aspek kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara. Tujuan utama lembaga pemerintah adalah mencapai kepuasan masyarakat. Kepuasan masyarakat dapat dipengaruhi oleh beberapa unsur yaitu kinerja, pelayanan, dan fasilitas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif kausalitas. Variabel yang terdapat dalan desain penelitian kausalitas ini adalah variabel independen (kepuasan karyawan) dan variabel dependen (kinerja, kualitas pelayanan, dan fasilitas). Seluruh masyarakat Desa Balonggebang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk merupakan populasi dari penelitian ini. Sampel yang dipergunakan adalah 40 masyarakat di Desa Balonggebang Kecamatan Gondang. Teknik pengalmbilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa variabel kinerja, kualitas pelayanan, dan fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat.
References
Budiyana, D. U. (2022). Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai Kelurahan terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Banjaratma. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 39(2), 15–24. https://doi.org/10.58906/melati.v39i2.77
Burhan, Y., Suryanto, S., Yusuf, M., & Alhadihaq. (2023). PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SOLOKAN JERUK. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(3), 1620–1629.
Firmansyah, A. C., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pembuatan E-KTP di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan). Journal of Office Administration: Education and Practice, 18(2), 105–120. https://doi.org/10.31573/eksos.v18i2.461
Harfika, J., & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Balance, 44(1), 44–56.
Hartono, T., & Siagian, M. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan di PT BPR Sejahtera Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT), 7(1), 220–237. pb160910179@upbatam.ac.id
Kurniawan, M. S., Noor, M., & Suharto. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Fathering: A Journal of Theory, Research, and Practice, 24(1), 1689–1699. http://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2011.08.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/00206814.2014.902757%0Ahttp://dx.
Santa, I., & Murnisari, R. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Jasa Rawat Jalan pada Puskesmas Kademangan Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 3(2), 206–214.
Santoso, E. A., Haryanto, A. T., & Suryo Sarjono, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Ktp Elektronik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Ji@P, 11(2), 1–11. https://doi.org/10.33061/jp.v11i2.7125
Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8
Taufiq, R., Aneta, A., & Sulila, I. (2024). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Gorontalo. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(25), 60–66.
Hardianingtyas, E., Suprajitno, E. D., & Purnomo, H. (2021, September). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEDISIPLINAN KERJA SEBAGAI DETERMINAN KEPUASAN MASYARAKAT DESA NGULUNGKULON TRENGGALEK. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 6, No. 1, pp. 1-14).