The PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN BENIH IKAN LELE DI MUKTI AGUNG WIBAWA JAYATI DOROK
pdf

Keywords

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Budidaya Bibit Ikan Lele

How to Cite

Afandi, Y. (2024). The PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN BENIH IKAN LELE DI MUKTI AGUNG WIBAWA JAYATI DOROK: PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN BENIH IKAN LELE DI MUKTI AGUNG WIBAWA JAYATI DOROK. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5398

Abstract

Analisis SWOT adalah metode analisis dalam organisasi untuk mengidentifikasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats). Metode ini membantu pengembangan strategi bisnis, perencanaan pertumbuhan, dan penentuan strategi kompetitif. Mukti Agung Wibawa Jayati Dorok merupakan usaha budidaya bibit ikan lele yang berada di Desa Manggis, Kabupaten Kediri. Budidaya bibit ikan lele Mukti Agung Wibawa Jayati Dorok dalam kegiatan usahanya masih belum menggunakan strategi SWOT dalam penentuan strategi pemasarannya. Teknik analisis SWOT digunakan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan teknik tersebut terhadap strategi pemasaran bibit ikan lele di Mukti Agung Wibawa Jayati Dorok. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskripsi dengan teknik pengumpulan data, observasi dan wawancara. Teknik penentuan informan dengan non probability sampling yakni teknik sampling memberi peluang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel berdasarkan keputusan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Mukti Agung Wibawa Jayati Dorok berada pada kuadran II yaitu posisi positif-negatif. Posisi ini menandakan kekuatan yang kuat namun menghadapi tantangan yang besar. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah diversifikasi strategi, artinya kelompok dalam kondisi mantap namun menghadapi tantangan besar sehingga diperkirakan Mukti Agung Wibawa Jayati Dorok mengalami kesulitan bila hanya bertumpu pada strategi sebelumnya.

pdf

References

Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Makassar: Nass Media Pustaka.

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media

Mahfud,M.H. (2019). Metode penentuan faktor-faktor keberhasilan penting dalam analisis SWOT. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 113-125.

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.

Nuswantari, Gladi Mellania Kartika. (2023). Srategi Pemasaran Lele Mutiara Pokdakan (Kelompok Budidaya Ikan) Kompos dan Manggot Bakung Lancar Desa Linggasari, Kembaran, Banyumas, Skripsi (Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Permana, V. A., & Raharja, R. (2012). Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Rahayu, Neni. (2019). Strategi Pemasaran Salai Lele Dumbo (Studi Kasus Pada Usaha Patin Sejahtera) di Kecamatan Mandau Kabupaten Mendalis Provinsi Riau, Skripsi (Riau: Universitas Islam Riau).

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Solikin, M. Nur. (2019). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Usaha Budidaya Ikan Lele Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Desa Watuagung Kecamatantuntang Kabupaten Semarang), Skripsi (Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo).

S. Maximillian, Diah Ayu Septi Fauji, and Rino Sardanto, “ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DAN MENCIPTAKAN COMPETITIVE ADVANTAGES PADA PRODUK SAMBEL PECEL”, SENMEA, vol. 7, no. 1, pp. 23–30, Sep. 2022.