PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PROMOSI SECARA ONLINE DI WISATA KASEMBON RAFTING KAB.MALANG
pdf

Keywords

Pemasaran Online
Manajemen Pemasaran
Media Sosial
Wisata

How to Cite

Wijayanto, G. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PROMOSI SECARA ONLINE DI WISATA KASEMBON RAFTING KAB.MALANG. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9, 34–41. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi dalam meningkatkan popularitas dan kunjungan ke destinasi wisata Kasembon Rafting di Kabupaten Malang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial efektif dalam menjangkau audiens yang lebih luas, membangun interaksi dengan pengunjung, dan meningkatkan daya tarik melalui konten berkualitas. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada analisis mendalam mengenai strategi pemasaran yang mengintegrasikan promosi online dan offline, serta kolaborasi dengan influencer, yang dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi lokal dan pengalaman pengunjung. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pengelola wisata dan akademisi dalam mengembangkan strategi pemasaran di sektor pariwisata.

pdf

References

Lontoh JK, Tumbel AL, Kawet R. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jur Manajemen, Fak Ekon Dan Bisnis Univ Sam Ratulangi 2020;8:11–20.

Sutrisno AB, Syukur SW. Pengembangan Desa Bantimutung Sebagai Desa Wisata Kreatif melalui Promosi Potensi Berbasis Media Sosial. J IPMAS 2023;3:75–87. https://doi.org/10.54065/ipmas.3.2.2023.303.

Fakhriyyah DD, Munawaroh D, Utami D, Putri D, Nisa K, Khaliza FN, et al. Strategi Promosi Digital Marketing Wisata Rafting Guna. Pena Dimas J Pengabdi Masy 2022;1:10–4.

Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri

Nurmadewi D. Digital marketing sebagai strategi pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Semin Nas Pariwisata Dan Kewirausahaan 2023;2:385–92.

Saragih MAM, Abidin S. Strategi Komunikasi Pemasaran Destinasi Wisata Arung Jeram di Sungai Bah Bolon Kecamatan Sipispis. J Intelekt Keislaman, Sos Dan Sains 2023;12:127–32. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v12i1.17253.

Susanti S, Gunawan W, Koswara I. Pemanfaatan Media Sosial dalam Mengembangkan Pemasaran Batik Sukapura. J Pengabdi Pada Masy 2023;8:95–104. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.215.

Pratama NA, Maulana HF, Suherman A. Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Jembatan Lingkar Lapoili Buton Selatan Di Media Sosial. Komitmen J Ilm Manaj 2023;4:145–59. https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.28167.

Setiawati R, Pritalia GL. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Sektor Pariwisata. KONSTELASI Konvergensi Teknol Dan Sist Inf 2023;3:278–85. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7255.

Rahmawati D. Pemilihan Dan Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @FreezyBrowniezz). Univ Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016;1:6.

Ustadz DI, Purwanto P, Pudail M. Penerapan Teori Service Dominan Logic Pada Wisata Arung Jeram Vertical Rafting Magelang Dalam Perspektif Maqashid Syariah. El-Mal J Kaji Ekon Bisnis Islam 2023;5:477–93. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i1.3877.