KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI PADA PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN KOMPETENSI DOSEN DI ERA PANDEMI COVID 19
pdf

Keywords

Kompetensi dosen , Kepuasan mahasiswa

How to Cite

Hidayah, L. N., & Samari. (2021). KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI PADA PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN KOMPETENSI DOSEN DI ERA PANDEMI COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1425–1431. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/784

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik pada kompetensi dosen  terhadap kepuasan mahasiswa  pada pembelajaran daring saat pandemi covid-19 Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri secara parsial 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional pada kompetensi dosen  terhadap kepuasan mahasiswa  pada pembelajaran daring saat pandemi covid-19 Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri secara parsial 3) mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial pada kompetensi dosen  terhadap kepuasan mahasiswa  pada pembelajaran daring saat pandemi covid-19 Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri secara parsial 4) mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian pada kompetensi dosen  terhadap kepuasan mahasiswa  pada pembelajaran daring saat pandemi covid-19 Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri secara parsial 5) mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian pada kompetensi dosen  secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa  pada pembelajaran daring saat pandemi covid-19 Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah  deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik  random sampling dimana melakukan secara acak tanpa memperhatikan setrata yang ada dalam populasi untuk dipilih menjadi sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan terlebih dahulu di uji dengan uju validitas dan reabilitas. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri yang melalukan pembelajaran di Universitas Nusantara PGRI.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: secara parsial, variabel kompetensi dosen berpengaruh signigikan terhadap kepuasan mahasiswa saat pembelajaran daring saat pandemi covid 19 pada Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri.

pdf

References

(1) Alma. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (2nd ed.). ALFABETA.

(2) Amalia, S., & Hapsari. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA Jurnal Ilmiah Komunikasi.

(3) Apolo, Wardan, R. (2010). Hubungan antara kompetensi sosial dengan penyesuaian sosial pada remaja. Jurnal Psikologi.

(4) Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

(5) Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

(6) Dafroyati, Y. (2016). KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBELAJARAN PADA JURUSAN DAN PROGRAM STUDI DI LINGKUP POLTEKKES KEMENKES KUPANG TAHUN 2014. INFO KESEHATAN, 14(1).

(7) Dina, N. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. DIVA Press.

(8) Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

(9) Hamdan, & Suryaman. (2016). PENGUKURAN KOMPETENSI DOSEN UNSERADENGAN PENDEKATANBALANCED SCORECARD. CENDEKIA, 10(2), 179–196.

(10) Hanum, Sulistyo, N. (2013). THE EFFECTIVENESS OF E - LEARNING AS INSTRUCTIONAL MEDIA (EVALUATION STUDY OF E - LEARNING INSTRUCTIONAL MODEL IN SMK TELKOM SANDHY PUTRA PURWOKERTO). Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102.

(11) Iskandar, & Agung. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Bestari Buana Murni.

(12) JL, M., Dickson-Deane C, & Galyen K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same,The Internet and Higher Education.

(13) Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas. alfabeta.

(14) Kurniatun, T. C., Nuraedi, & Nenden Anggi Rustami. (n.d.). PENGARUH KUALITAS JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PENDIDKAN INDONESIA. ADPEND.

(15) Mardianto. (2012). Pembelajaran Tematik. Medan (P. Publishing (ed.)).

(16) Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT. Remaja Rosdakarya.

(17) Pitalianto, Yhanu Yuliastrid, D. (2019a). STUDI ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN DALAM PENGAJARAN PADA PRODI IKOR FAKULTAS ILMU OLAHRAGA. JurnalKesehatan Olahraga, 07(02), 550–555.

(18) Pitalianto, Yhanu Yuliastrid, D. (2019b). STUDI ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN DALAM PENGAJARAN PADA PRODI IKOR FAKULTAS ILMU OLAHRAGA. Kesehatan Olahraga, 07(02), 550–555.

(19) Popi, & Sopiatin. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Ghalia Indonesia.

(20) Saiful, A. (2008). KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG GURU. www.saiful_adi_wordpress.com

(21) Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

(22) Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.

(23) Suhadi, & Priyastuti, Theresia, M. (2020). KEPUASAAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Language and Health, 1(2), 49–56.

(24) Sulastri, T. (2016a). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN . JURNAL ILMIAH EKONOMI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN “OPTIMAL,” 10(2), 167–184.

(25) Sulastri, T. (2016b). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN . ILMIAH EKONOMI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN “OPTIMAL,” 10(2), 167–184.

(26) Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. PT Rineka Cipta.

(27) Tahrus, Z. N. (2020). DUNIA DALAM ANCAMAN PANDEMI: KAJIAN TRANSISI KESEHATAN DAN MORTALITAS AKIBAT COVID-19. Kajian Demografis Sosial.

(28) Tandjung, J. J. W. (2018). Strategi Perusahaan Lokal Menghadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Jurnal Bisnis Terapan, 1(02), 23. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i02.792

(29) Tjiptono, & Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Andi. Andi.

(30) Utami, & Munandar. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

(31) Wulandari, & susilo. (2011). Cara Jitu Mengatasi Hipertensi. Penerbit Andi.

(32) Zainal, A. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Insan Cendikia.