ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA BUS PO. HARAPAN JAYA

Main Article Content

Nasrul Fuadi

Abstract

Persaingan bisnis transportasi saat ini semakin lama semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi sehingga perusahaan dituntut untuk memenuhi dan mengimbangi perubahan yang terjadi. Persaingan yang ketat dalam usaha bisnis transportasi membuat para pelaku usaha berlomba-lomba menunjukkan keunggulan masing-masing produknya dan berbagai macam strategi marketing digunakan untuk memuaskan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Bus PO Harapan Jaya, pengaruh signifikan antara fasilitas terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Bus PO Harapan Jaya, pengaruh signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Bus PO Harapan Jaya. Pengaruh antara kualitas pelayanan, fasilitas dan harga secara silmutan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Bus PO Harapan Jasa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian bersifat kausal pengumpulan datanya dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang Bus PO Harapan Jaya. Sampel yang digunakan berjumlah 40 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Teknik analisis data menggunakan analaisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Bus PO Harapan Jaya. (2) fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Bus PO Harapan Jaya. (3) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Bus PO Harapan Jaya. (4) kualitas pelayanan, fasilitas dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Bus PO Harapan Jaya.

Article Details

How to Cite
Fuadi, N. (2021). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA BUS PO. HARAPAN JAYA. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1339–1345. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/928
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098

Kotler, K. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, & Keller. (2012). Marketing Management (14th ed.). Person Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle Of Marketing (15th ed.). Pearson Pretice Hall.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., PT, E. G., Analisis, H., Pelayanan, A. K., Fasilitas, L., & Putra, net B. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat: Jakarta.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 575–584.

Nirwana. (2014). Pemasaran Jasa. Alta.

Oentoro, D. (2012). anajemen Pemasaran Modern. LakBang PRESSindo.

Ofela, H. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–15.

Sanusi. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Alfa Beta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.

Tjiptono. (2015). Pelanggan Puas ? Tak Cukup !. Andi.

Tjiptono. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Andi.