Pengaruh Inovasi, Kreativitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Mina Bunga Cempaka di Kabupaten Tulungagung
pdf

Keywords

inovasi
kreativitas
kualitas pelayanan
kepuasan pelanggan

How to Cite

Qothrunnada Salsabila, S. (2024). Pengaruh Inovasi, Kreativitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Mina Bunga Cempaka di Kabupaten Tulungagung. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5411

Abstract

Melihat persaingan di era globalisasi yang semakin ketat, menuntut pelaku usaha harus kreatif dan inovatif dalam membuat suatu produk. Apalagi pada saat ini terdapat banyak usaha makanan yang mirip sehingga persaingan antara pelaku usaha lebih sulit lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Signifikan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan UMKM Mina Bunga Cempaka secara parsial, (2) Untuk Mengetahui Pengaruh Signifikan Kreativitas Terhadap Kepuasan Pelanggan UMKM Mina Bunga Cempaka secara parsial, (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Signifikan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan UMKM Mina Bunga Cempaka secara parsial, (4) Untuk Mengetahui Pengaruh Signifikan Inovasi, Kreativitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan UMKM Mina Bunga Cempaka secara simultan. Teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pelanggan UMKM Mina Bunga Cempaka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sebanyak 40 responden. Teknik analisis yang dipakai yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis yang dipakai adalah uji t dan uji F menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Inovasi Tidak Berpengaruh Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan Secara Parsial Dengan Nilai T Hitung 0,036 < T Table 2,0128. (2) Kreativitas Berpengaruh Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan Secara Parsial Dengan Nilai T Hitung 6,116 < T Table 2,0128. (3) Kualitas Pelayanan Berpengaruh Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan Secara Parsial Dengan Nilai T Hitung 5,751 < T Table 2,0128. (4) Inovasi, Kreativitas, dan Kualitas Pelayanan Berpengaruh Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan Secara Simultan Dengan Nilai F hitung 75,472 > F tabel 2,8662.

pdf

References

Y. M. Afriyani, “Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada UKM Dina Kelurahan Ntobo,” J. Manaj. DAN BISNIS, vol. 8, no. 1, 2021.

W. Tebelessy, “ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN,” 2021.

L. T. Putri, L. Diantara, M. Kamal, A. Ali, dan A. Qadar, “Pentingnya Inovasi Dan Networking Dalam,” 2020.

W. Winarsih dan P. Andriani, “Peranan Kreativitas dan Inovasi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk,” EKOMBIS Rev. J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 10, no. S1, hal. 59–68, 2022, doi: 10.37676/ekombis.v10is1.1988.

D. hidayat fahrul, “Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan Dan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bakpia Krezmera,” hal. 31–41, 2023.

Abdul Gofur, “1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 4, no. 1, hal. 37–44, 2019.

Gronroos, Reforming public services: does service quality measurement matter. 2019.

P. Kotler dan Keller, Marketing Management, Edisi 15. 2016.

R. Daga, CITRA, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN. Makassar: GLOBAL RESEARCH AND CONSULTING INSTITUTE, 2017.

E. Santoso, E. N. Hakimah, dan S. Ratnanto, “Perspektif Pelaku Umkm Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Untuk Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas (Studi Kasus Usaha Tahu Bapak Matnuri),” Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akunt., vol. 8, hal. 591–600, 2023.

N. Eka dan B. Sutedjo, “Jurnal Mirai Management Analisis Variasi Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dan dampaknya pada Loyalitas Pelanggan (Studi pada Kopi Kenangan di Kota Semarang),” J. Mirai Manag., vol. 8, no. 2, hal. 408–418, 2023.

S. Ernawati dan U. Kurniawati, “Pengaruh Kreatifitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Steak House Noodles,” ISOQUANT J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 4, no. 1, hal. 112, 2020, doi: 10.24269/iso.v4i1.399.