ANALISIS PENGARUH LOKASI, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LOJI RESTO & CAFE KEDIRI

Main Article Content

Isnan Nur Alim

Abstract

Abstract


This research is motivated by the increasing number of businesses in the culinary field. With the increasing number of culinary business actors, it can make business competition even tougher. In order to remain able to compete, culinary business actors are required to be able to provide what consumers want, such as providing a very strategic location, providing adequate facilities and excellent, fast and responsive service quality in serving consumers. This study aims to analyze how the influence of location, facilities and service quality on customer satisfaction at Loji Resto and Cafe partially or simultaneously. The population in this study were all consumers of Loji Resto and Cafe. In this study, samples were taken as many as 40 respondents from an unlimited number of populations. The sampling technique used was accidental sampling, namely anyone who happened to meet the researcher at the research location. The results of the study indicate that there is a significant influence between location, facilities and service quality, either partially or simultaneously on customer satisfaction at Loji Resto and Cafe.


Keywords: Location, Facilities, Service Quality and Customer Satisfaction


Abstrak


Motivasi penelitian ini adalah semakin banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang kuliner. Dengan bertambahnya jumlah pesaing dalam bisnis makanan, dapat membuat persaingan bisnis semakin ketat. Agar tetap kompetitif, pelaku usaha kuliner harus mampu memberikan apa yang diinginkan konsumen, seperti menyediakan lokasi yang sangat strategis, menyediakan fasilitas yang memadai, dan memberikan konsumen kualitas pelayanan yang bermutu tinggi, cepat dan tanggap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara parsial atau simultan pengaruh lokasi, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Loji Resto dan Cafe. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Loji Resto dan Cafe. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 40 responden yang diambil dari jumlah orang yang tidak terbatas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lokasi, fasilitas dan kualitas pelayanan Loji Resto dan Café yang secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.


Kata Kunci: Lokasi,Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen

Article Details

How to Cite
Alim, I. N. . (2021). ANALISIS PENGARUH LOKASI, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LOJI RESTO & CAFE KEDIRI. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 499–505. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/867
Section
Articles

References

Ady, S. U. (2015). Manajemen Psikologi dalam Investasi Saham. Andi Offset.

Ginting, M., & Saputra, A. (2015). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pasar Tradisional. jurnal manajemen Bisnis, 23(1), 10–19.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Pengantar Manajemen. Mitra Wacana Media. https://doi.org/10.31227/osf.io/3ub4t

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., PT, E. G., Analisis, H., Pelayanan, A. K., Fasilitas, L., & Putra, net B. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).