ANALISIS CITA RASA PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KEDAI KOPI DI TELL KOPI KEDIRI
pdf

Keywords

Cita Rasa Produk
Kualitas Pelayanan
Harga
Keputusan Pembelian

How to Cite

SARI, E. N. ., Ichsannudin, I., & Soeprajitno, E. D. . (2021). ANALISIS CITA RASA PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KEDAI KOPI DI TELL KOPI KEDIRI . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 90–96. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/803

Abstract

Abstract

The research is backgrounded by changes ini people’s lifestyles, one of which is the culture of hanging out that is known to be much loved and become a habit among young people. The lifestyle change has a considerable impact on the development of the business world, especially the coffee shop business.

The purpose of this study is to review and analyze the significant influence of product taste, service quality, and price partially and simultaneous consumer purchasing decisions at coffee shops in Tell Kopi Kediri. The observations obtained by some consumers still assess the taste of products that are still standard, the quality of service is less responsive, and the price offered is affordable.

This study uses a descriptive quantitative approach, sample used as 40 respondents using simple random sampling method. Data analysis used classical assumption test, multiple linier analysis, hypothesis test (t-test and F-test) and determination coefficient test.

The results of this study concluded that the taste of the product, the quality of service, and the price have a significant partial and simultaneous effect on consumer purchasing decisions at coffee shops in Tell Kopi Kediri.

 

Keywords: Product Taste, Quality of Service, Price, Purchasing Decision

 

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan gaya hidup masyarakat salah satunya yaitu budaya nongkrong yang diketahui banyak digemari dan menjadi kebiasaan di kalangan anak muda. Perubahan gaya hidup inilah yang membawa dampak cukup besar bagi perkembangan dunia bisnis terutama bisnis kedai kopi.

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalis pengaruh signifikan cita rasa produk, kualitas pelayanan, dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada kedai kopi di Tell Kopi Kediri. Hasil pengamatan yang di dapat beberapa konsumen masih menilai cita rasa produk yang masih standar, kualitas pelayanan yang kurang tanggap, dan harga yang ditawarkan terjangkau.

Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, sampel yang digunakan sebanyak 40 responden dengan mengunakan metode simple random sampling. Analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, analisis linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan uji koefisien determinasi.

Hasil penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa cita rasa produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada kedai kopi di Tell Kopi Kediri.

 

Kata Kunci: Cita Rasa Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian

pdf

References

Andriani, D. (2020) ‘Pengaruh kualitas pelayanan dan suasana resto terhadap keputusan pembelian pada café and resto sugar rush di bontang’, eJournal Administrasi Bisnis, 8(1), pp. 26–34.

Apriliyanto, A. D. (2020) ‘Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian di kedai cekopi mendungan kartasura’, PUBLIKASI ILMIAH.

Drummond & Brefere (2010) Nutrition for Foodservice and Culinary ProfessionalÅs, Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. Page 3-4.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2011) Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Erlangga.

Setiadi, N. J. (2013) PERILAKU KONSUMEN: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Edisi Revi. Jakarta: Jakarta: Prenadamedia Group.

Shinta, A. (2011) Manajemen pemasaran. Malang: UB Press.

Tjiptono, F. (2012) Service Management: Meningkatkan Layanan Prima. Jakarta: Andy Offset.

Utami, I. W. (2017) PERILAKU KONSUMEN: Analisis perilaku konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Surakarta: CV. PUSTAKA BENGAWAN.

Wulandari, E. E. P. (2021) ‘Pengaruh lokasi, inovasi produk, dan cita rasa terhadap keputusan pembelian pada eleven cafe di kota bengkulu’, Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS) e-ISSN 2721-5415, 2(1), pp. 74–86.

Yuana, D. (2018) ‘PENGARUH HARGA , STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga , store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada cafe Matchbox too coffee & friends .’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(12).