ANALISIS PERSEPSI HARGA, STORE ATMOSPHERE DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET FAMILY DI KECAMATAN PATIANROWO NGANJUK

Main Article Content

Lisa Lilik Zainul Fitri
Ichsannudin Ichsannudin
Dian Kusumaningtyas

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara persepsi harga, store atmosphere dan keberagaman produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Family dikecamatan Patianrowo Nganjuk.


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan datanya dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada sampel penelitian. Populasi penelitian ini yaitu konsumen yang berkunjung diMinimarket Family Kecamatan Patianrowo Nganjuk. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang.Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 25.


Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara persepsi harga, store atmosphere, dan keberagaman produk terhadap keputusan pembelian pada Minimarket Family di Kecamatan Patianrowo Nganjuk

Article Details

How to Cite
Fitri, L. L. Z., Ichsannudin, I., & Kusumaningtyas, D. . (2021). ANALISIS PERSEPSI HARGA, STORE ATMOSPHERE DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET FAMILY DI KECAMATAN PATIANROWO NGANJUK . Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 56–60. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/741
Section
Articles

References

Akbar, Hanafitrah & Widiartanto. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere dan Discount Terhadap Keputusan Pembelian Distro House Of Smith Semarang”. Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Anang, Ardiansyah. 2019. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Amarta Mlilir Jl. Ponorogo-Madiun. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Jurnal Ekonomi. 3(7): 22-30.

Armahadyani, Wirajaya. 2016. Pengaruh Brand Trust, Product Quality, Service Quality Terhadap Customer Satisfacation Serta Berdampak Pada Customer Loyalty Pada Pengguna Mobil Honda Mobilio Di Kota Surabaya. Surabaya: Jurnal STIAMAK Barunawati. 16(1): 120-131.

Armstrong, Kotler. 2015. Marketing an Introducing Prentice Hall Twelfth Edition. England: Pearson Education, Inc.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Baruna, Hadi Brata, Shilvana Husaini, Hapzi Ali. 2017. The influence of quality products promotion and location to product purchase decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi J business Management. 2(5): 99-118.

Berger, J. A., Draganska, M., & Simonson, I. 2017. The Influence of Product Variety on Brand Perception and Choice. Marketing Science, 26(4): 460-472.

Berman, Barry & Joel R. Evans. 2014. Retail Management, A Strategic Approach, 11th Edition. United State of American: Pearson Education, Inc.

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran. Alfabeta: Bandung.

Christina, Widhya Utami. 2017. Manajemen Ritel. Salemba Empat: Jakarta.

Deisy, Malonda. 2018. Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai – Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal EMBA. 6(4): 2288 – 2297.

Fandy, Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Geçti, Fatih. 2014. Examining Price Perception And The Relationships Among Its Dimensions Via Structural Equation Modeling: A Research On Turkish Consumers. British Journal of Marketing Studies. 2(1): 1-11.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hanifitrah & Widiartanto. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 15(2): 80-91.

Ichsannudinm dan Hery Purnomo. 2021. Monograf Analisis Gaya Hedonis, Status Sosial, Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek. Bandung. ISBN. CV. Media Sains Indonesia.

Kotler, Keller. 2012. Marketing Management. 14th, Person Education.

Kotler, P dan Keller L. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke – 13 Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Kusdyah, Ike. 2012. Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran. 7(1): 505-510.

Lasma, D Kudadiri & Agus Rahmadsyah. 2019. “Pengaruh Persepsi Harga dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Alfamidi Cabang Iskandar Muda Medan”. Jurnal Plans Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis. ISSN: 1978-7057 E-ISSN: 2527-306X.

Lee, Simon dan Lawson- Body, Assion. 2011. Perceived Dynamic Princing. Journal Of Industrial Management & Data System.

Levy & Weitz. 2015. Retailing Management, 4th edition. New York: Mc.GrawHill, Irwin.

Melina & Kadafi, MAmin. 2017. Pengaruh Price Discount dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan. 2(3): 77-100.

Mohammad, Fakhruddin Mudzakkir. 2015. Pengaruh Keragaman Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Modern Indomaret Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi. 4(10): 93-106.

Nur, Fajar Setianingsih & Nurhadi. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk, dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen Dunkin Donuts Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurul Fatmawati dan Euis Soliha. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. 10(1): 34-50.

Ogi, Sulistian. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter. Kuningan: Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.2(4): 101-110.

Pambudi, B. S & Rachmi Ahmad. 2017. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking BRI). Journal of Management Studies. 8(1): 1-11.

Peter, J Paul dan Olson, Jerry C. 2015. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat. Jakarta: Erlangga.

Prasetyo, Utomo. 2015 Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Moderating. Jakarta : Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945. 4(1): 209-220.

Rachmat Hidayat & Atsari Sujud. 2019. Pengaruh Atmosfer Toko, Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Planet Ban Margonda Raya, Depok. Jurnal Ilmu Manajemen. 15(1): 17:29.

Restu, Aji Prasetyo. 2015. Pengaruh Store Atmosphere, Keragaman Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mirota Batik Yogyakarta. Program Studi Manajemen – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Samosir, CBH & Prayoga AB. 2015. Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Volume 1, Nomor 3.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen (edisi revisi). Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Most read articles by the same author(s)